Cak Imin Titip 8 Agenda Perubahan ke Calon Kepala Daerah di Jatim

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin meminta para bakal calon kepala wilayah nan diusung partainya di Jawa Timur dalam Pilkada 2024 menjalankan delapan agenda perubahan.

Hal itu disampaikan Cak Imin saat aktivitas pembekalan kader PKB, bakal calon bupati, calon wakil bupati, calon wali kota, dan calon wakil wali kota di wilayah Jatim.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ada delapan agenda perubahan PKB nan kelak kami titipkan kepada para kepala daerah, nan juga sudah saya sampaikan ke presiden terpilih Pak Prabowo beberapa waktu lalu," kata Cak Imin di Hotel Vasa, Surabaya, Sabtu (4/5).

Delapan agenda perubahan PKB itu yakni, merawat dan memperkuat kualitas demokrasi, menjamin kebebasan rakyat berbincang serta mengkritik, dan menjamin kebebasan pers sebagai pilar ke-4 demokrasi.

Kemudian memperluas kesempatan berupaya dan menciptakan lapangan kerja, dan mewujudkan bayaran berkeadilan dan menjamin akses pemerataan ekonomi.

Lalu menjaga kelestarian lingkungan hidup dan keseimbangan ekosistem, hingga mewujudkan keadilan ekologis berkepanjangan serta mengedepankan etika lingkungan dan pembangunan.

"Delapan agenda perubahan nan tidak bisa tidak, memang kudu dilaksanakan, jika tidak dilaksanakan saya pastikan kolaps," ucapnya.

Mantan calon wakil presiden ini pun menguraikan ada tiga krisis nan menakut-nakuti Indonesia. Pertama krisis finansial negara, kedua krisis lingkungan alias iklim, dan ketiga krisis SDM lantaran keadaan global.

"Negeri ini tidak sedang baik-baik saja, paling tidak di depan mata kita ada tiga krisis nan menantang. Pertama krisis finansial negara, pendapatan negara Kedua krisis lingkungan hidup, alam, iklim, ini riil," ujarnya.

"Saya berani bilang jika tidak ada perubahan pemerintah di dalam mengatasai ancaman krisis nan kedua, lingkungan dan alam, sekaligus lingkungan keahlian daya tahan fiskal kita, maka nyaris dipastikan kedepan bakal kolaps," katanya.

Cak Imin berambisi bakal calon kepala wilayah nan nantinya bakal diusung oleh PKB ini betul-betul memahami problem tersebut.

"Para kepala wilayah nan diusung PKB saya titip hendaknya betul-betul menyadari ini dan merumuskan dengan tepat solusi nasional sehingga pembangunan bisa bersinergi dan absolut bisa efektif di dalam target-target kita semua," pungkasnya.

Pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, aktivitas pembekalan ini dihadiri oleh internal PKB, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Bupati Lumajang Thoriqul Haq serta sejumlah tokoh lainnya.

(frd/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional