Cak Imin Umumkan Periode Ini Terakhir Pimpin PKB

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 08 Sep 2024 17:40 WIB

Ketum PKB Cak Imin mengaku tengah mempersiapkan PKB menjadi partai politik nan lebih terbuka. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar namalain Cak Imin menyiratkan kepengurusan PKB periode 2024-2029 bakal menjadi periode terakhirnya memimpin PKB. (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar namalain Cak Imin menyiratkan kepengurusan lima tahun ke depan menjadi periode terakhirnya memimpin PKB.

Cak Imin mengaku tengah mempersiapkan PKB menjadi partai politik nan lebih terbuka.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Karena masa transisi PKB go public, ya kira-kira lima tahun ini terakhir saya bakal memimpin," kata Cak Imin dalam keterangannya, Minggu (8/9).

Cak Imin memastikan PKB bakal terbuka kepada golongan mana pun selama lima tahun ke depan, bukan hanya kepada golongan Nahdlatul Ulama (NU).

Baginya, perihal ini merupakan beban berat agar PKB tidak lagi dianggap sebagai partai politik untuk golongan tertentu. Ia juga menekankan pentingnya transisi kepemimpinan di tubuh PKB dari kader-kader senior ke generasi muda.

"Tidak hanya milik segelintir orang, sekelompok organisasi, tapi betul-betul milik seluruh rakyat Indonesia. Karena itu mengakhiri periode kedudukan saya ini, saya mau, tapi sekali ini saja. Lima tahun ke depan adalah sasaran go public," kata dia.

Di sisi lain, Cak Imin mengaku berterima kasih atas support nan diberikan pemerintah kepada kepengurusan baru PKB periode 2024-2029. Di sisi lain, dia menilai bahwa pengesahan ini juga menandakan dimulainya tugas berat nan kudu dijalankan.

"Disahkan kepengurusan DPP PKB oleh Menkumham ini menunjukkan bahwa kita sudah kudu mulai start bekerja untuk demokrasi," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM telah menandatangani surat keputusan mengenai kepengurusan baru PKB hasil Muktamar Bali.

Muktamar tersebut memutuskan Cak Imin kembali menjadi ketua umum PKB periode 2024-2029, sedangkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjadi ketua Dewan Syuro PKB.

(rzr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional