Cara Mudah Membuat QRIS Sendiri, Ikuti Langkah-Langkah Berikut

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaBanyak penjual alias pelaku UMKM nan mulai menerapkan QRIS dalam pembayarannya. Bahkan, anak-anak muda juga lebih sering melakukan pembayaran cashless melalui QRIS. Sebab, anak-anak muda kerap tidak mempunyai duit tunai alias cash dan mulai beranjak dengan pembayaran digital. Akibatnya, pelaku UMKM mulai banyak menerapkan QRIS untuk mempermudah transaksi jual beli.

Berdasarkan qris.online, QRIS adalah akronim dari Quick Response Code Indonesian Standard nan menjadi standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia. QRIS diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019. QRIS datang untuk menggalakkan cashless society (pembayaran duit digital) nan tergabung dalam program InterActive QRIS.

QRIS dapat dibuat oleh siapa saja dengan mudah dan cepat. Dilansir qris.id, berikut adalah langkah-langkah membikin QRIS, yaitu:

1. Mengakses laman dan registrasi

Pengguna kudu melakukan registrasi melalui laman qris.id nan dapat ditemukan di laman Registrasi QRIS. Setelah itu, pengguna bakal mendapatkan info tentang QRIS. Selanjutnya, pengguna memilih “Daftar QRIS” alias akses laman www.qris.id/register. Kemudian, pengguna memilih jenis upaya dan mengisi blangko nan sesuai dengan bidang.

2. Pembayaran QRIS

Pengguna bakal diarahkan untuk melakukan pembayaran QRIS menggunakan E-Wallet, seperti GoPay, OVO, Dana, LinkAja, alias ShopeePay. Setelah itu, pengguna kudu bayar dengan E-Wallet. Jika sudah mengisi formulir, tetapi belum membayar, pendaftaran bakal ditunda maksimal 14 hari. Smenetara itu, jika tidak melakukan pembayaran setelah 14 hari, info isian bakal di-reset.

3. Mendapatkan notifikasi registrasi

Jika sudah membayar, pengguna bakal mendapatkan nama pengguna dan kata sandi nan dikirim melalui email atau WA untuk login atau masuk di Dashboard. Setelah mendapatkan nama pengguna dan kata sandi, silakan login di laman dashboard untuk mengunggah beberapa arsip administrasi.

4. Mengunggah berkas

Setelah masuk di Dashboard QRIS, pengguna diarahkan untuk unggah berkas administrasi. Data nan dilengkapi dan diunggah dengan betul bakal diproses untuk mendapatkan NMID terhitung sejak info diterima lengkap. Namun, jika info nan diunggah mengalami kendala, bakal mendapatkan info dalam waktu 1x24 jam untuk memperbaikinya melalui email dan WhatsApp.

5. Mendapatkan notifikasi hasil kelengkapan berkas

Selama 7 hari kerja, pengguna bakal menerima notifikasi melalui email dan WA tentang kelengkapan data. Jika ada info nan salah, proses pengajuan wajib direvisi alias dilengkapi. Namun, jika arsip dan persyaratan sudah lengkap, pengguna dapat langsung mencetak QRIS menggunakan dashboard QRIS sebagai pengawasan terhadap transaksi duit masuk di QRIS. Setelah itu, QRIS bisa digunakan untuk transaksi. 

QRIS dapat diterapkan untuk tiga jenis pembayaran, ialah Merchant Presented Mode (MPM) Statis dengan membikin pembeli bayar langsung melalui scan QRIS, MPM Dinamis menggunakan mesin EDC alias ponsel kompatibel, dan Customer Presented Mode (CPM) melalui aplikasi pembayaran tertentu.

RACHEL FARAHDIBA R  | HAN REVANDA PUTRA | HERZANINDYA MAULIANTI

Pilihan Editor: 5 Cara Menghindari Penipuan QRIS, Salah Satunya Gunakan Gambar GRIS Dinamis

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis