Cegah Ambisi Pribadi, DPR Akan Susun UU RPJPN 2025-2045

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 17 Agu 2024 02:25 WIB

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan DPR periode selanjutnya bakal menyusun UU Rencana Jangka Panjang Tahun 2025-2045. Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan DPR periode selanjutnya bakal menyusun UU Rencana Jangka Panjang Tahun 2025-2045. (Foto: TV Parlemen)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan DPR periode selanjutnya bakal menyusun UU Rencana Jangka Panjang Tahun 2025-2045. Hal itu dia sampaikan dalam pidatonya di Sidang Tabuhan MPR, Jumat (16/8).

Puan berbicara UU itu ke depan diharapkan agar setiap pemimpin mulai dari tingkat pusat hingga wilayah tidak mempunyai sasaran alias visi masing-masing.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Untuk periode selanjutnya, bakal dibentuk UU Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2025- 2045," kata Puan.

Menurutnya, keberadaan undang-undang ini perlu dioptimalkan dalam memberikan arah dan prioritas pembangunan nasional secara menyeluruh, terencana dan berkelanjutan.

"Sehingga setiap Presiden, Gubernur, dan Bupati/Walikota tidak lagi mempunyai ambisi visi misi pribadi masing-masing dalam membangun Indonesia," katanya.

Menurut Puan, seluruh pemimpin di Indonesia secara kolektif mestinya mempunyai kemauan berbareng agar pembangunan terus berkelanjutan. Perencanaan pembangunan, lanjutnya, kudu mempunyai arah dan tujuan bersama.

Pada kesempatan itu, Puan sekaligus memamerkan capain pengasahan UU di bawah pimpinannya. Sejak 2019, kata dia, DPR telah mengesahkan total 126 RUU lewat pembahasan lintas perangkat kelengkapan majelis mulai dari Komisi hingga Badan Legislasi.

Sedangkan, di sisa masa sidang hingga Oktober mendatang, DPR juga tengah konsentrasi untuk menyelesaikan 17 RUU nan lain.

"Salah satu agenda pembentukan Undang-Undang nan sangat strategis dan saat ini sedang dalam pembicaraan tingkat I, adalah Undang Undang tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Periode Tahun 2025-2045," ucap Puan.

(thr/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional