CNN Indonesia Anugerahi Jamin Gintings Lifetime Achievement Award

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Medan, CNN Indonesia --

CNN Indonesia menganugerahi Lifetime Achievement Award kepada Letnan Jenderal TNI Drs. Jamin Ginting Suka alias Jamin Gintings.

Penghargaan nan berjudul "Remarkable Patriotism & Extraordinary Concern for Education" itu diberikan langsung oleh Chairman CT Corp Chairul Tanjung kepada cucu dari Jamin Gintings, Ari Aprianto, di malam penganugerahan CNN Indonesia Awards di Hotel JW Marriott Medan, Jumat (9/8).

Ari dalam kata sambutannya saat menerima penghargaan mengenang jasa sang kakek untuk Sumatera Utara dan juga Indonesia. 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Terima kasih kepada CNN. Saya adalah cucu nan sangat bangga terhadap perjuangan kakek saya. Kakek saya berulang kali mengungsikan family di tengah agresi Belanda, untuk tetap bisa berjuang untuk menjaga kemerdekaan Indonesia," kata Ari.

"Kakek juga peduli dengan pendidikan, khususnya di Sumatera Utara, lantaran dia turut membantu mendirikan Universitas Sumatera Utara. Saya atas nama family mengucapkan terima kasih untuk CNN dan untuk semua hadirin. Sekali lagi terima kasih."

Kepedulian Jamin Gintings untuk pendidikan

Jamin Gintings adalah putra original karo, sekaligus pemegang maha bintang utama. Dia juga merupakan pelestari budaya dan tradisi karo.

Saat masa kolonialisme Jepang, pahlawan satu ini tak bisa menyelesaikan sekolahnya. Dia pun terpaksa menjadi penjual air tebu demi bisa menyambung hidup.

Putus sekolah justru membuatnya mempunyai kepedulian besar terhadap bumi pendidikan. Dia lah nan berkedudukan krusial dalam membebaskan lahan untuk perguruan tinggi nan saat ini dikenal sebagai Universitas Sumatera Utara (USU).

Tak mau putus pendidikan, Jamin Gintings mengikuti sekolah calon perwira ringgi Gyugun di Siborong-borong setelah Jepang hengkang dari Indonesia.

Jamin Gintings berkontribusi banyak bukan hanya untuk kemerdekaan Indonesia dan pendidikan, tapi hingga akhir hayatnya. Dia menghembuskan napas terakhirnya di usia 53 tahun di Ottawa ketika menjabat sebagai Duta Besar.

Pada 2014, Jamin Gintings dianugerahkan sebagai pahlawan nasional.

Dengan dedikasi dan peran pentingnya selama ini, Jamin Ginting berkuasa mendapatkan penghargaan Remarkable Patriotism & Extraordinary Concern For Education CNN Indonesia Awards 2024.

Awards ini dihadiri langsung Pj Gubernur Agus Fatoni, Kajati Sumut Idianto, Chairman CT Corp ChairulTanjung, Direktur Transmedia Latif Harnoko, Pemimpin Redaksi CNN Indonesia Titin Rosmasari, dan beberapa pejabat lain.

Sebelumnya, arena CNN Indonesia Awards kali pertama diadakan di Makassar, Sulawesi Selatan pada 21 Maret dengan topik "Dari Sulsel untuk Nusantara".

Kemudian arena kedua digelar di Kabupaten Badung, Bali, pada 13 Mei 2024. Lalu, CNN Indonesia Awards ketiga digelar di Palembang, Sumatera Selatan pada 10 Juli lalu.

(yli/vws)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional