Daftar 5 Bisnis Kaesang yang Bangkrut, Didominasi Bisnis Kuliner

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Nama putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep tengah menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan lantaran style hidup mewahnya berbareng istri, Erina Gudono. Ini diketahui warganet melalui unggahan cerita IG Erina beberapa hari terakhir.

Selain itu, warganet di media sosial Indonesia juga menemukan kebenaran bahwa Kaesang dan Erina pelesiran ke Amerika Serikat dengan menggunakan jet pribadi berjenis Gulfstream G650ER. Terbaru, beredar sebuah video nan memperlihatkan Kaesang dan Erina turun dari jet pribadi dan dijemput di apron airport dengan barang-barang nan langsung di bawa ke mobil, tanpa melewati pemeriksaan otoritas Ditjen Bea Cukai.

Hal tersebut membikin warganet geram dan mempertanyakan sumber biaya nan digunakan Kaesang untuk memenuhi style hidupnya tersebut. Meski Kaesang dikenal sebagai seorang pengusaha sebelum terjun ke bumi politik, namun beberapa bisnisnya diketahui telah lama gulung tikar. Berikut beberapa daftar upaya Kaesang nan ambruk dan tidak beraksi lagi.

Daftar Bisnis Kaesang nan Bangkrut

Sebagai pengusaha, Kaesang menjalankan upaya nan bergerak di sejumlah bidang. Di antaranya adalah kuliner, fesyen hingga aplikasi digital. Kendati demikian, sebagian besar bisnisnya merugi, terutama nan bergerak di bagian food and beverage (F&B) alias upaya makanan dan minuman. 

Ia pun sempat menanggapi soal bisnisnya nan disebut bangkrut. Menurut dia, upaya nan rugi kudu ditutup dulu. “Ya namanya rugi ya pasti kami kudu tutup dulu, terus kita baru kasih waktu dulu untuk rejuvenate kan,” kata Kaesang saat ditemui Tempo usai konvensi pers KIG Live di Jakarta pada Selasa, 19 September 2023.

Sejumlah upaya Kaesang nan merugi dan berujung gulung tikar adalah sebagai berikut:


1. Ternakopi

Ternakopi adalah upaya nan dirilis Kaesang pada April 2019. Bisnis ini berfokus menjual kopi kekinian nan menggunakan biji kopi dari beragam wilayah nusantara. Sayangnya, upaya minuman milik Kaesang Pangarep ini sedang ditutup sementara dan direncanakan bakal melakukan rebranding.


2. Goola

Iklan

Bisnis Kaesang nan merugi selanjutnya adalah Goola. Ini merupakan upaya produk minuman tradisional unik Indonesia seperti es doger nan dikemas secara modern. Gaola sebelumnya adalah upaya milik Gibran nan diserahkan kepada Kaesang. Sayangnya, upaya ini sudah tidak melangkah sejak November 2020.


3. Siap Mas

Masih di bagian kuliner, Kaesang juga membentuk merek upaya Siap Mas. Usaha ini menghadirkan produk minuman dan makanan ringan dengan beragam merek berbeda, seperti Kemripik, Ngedrink, serta Pik Kripik. Namun, upaya ini terlihat sudah tidak aktif. Selain unggahan terakhir di media sosial pada 3 Oktober 2020 lalu, sejumlah produk dari Siapmas juga sudah tidak terlihat di minimarket.


4. Madhang

Pada Desember 2017, Kaesang meluncurkan aplikasi Madhang untuk menjembatani ibu-ibu nan jago masak dengan pembeli. Aplikasi ini pun diklaim sukses membantu banyak ibu rumah tangga untuk berdikari secara finansial. Namun, upaya ini tampaknya telah gulung tikar lantaran media sosial Instagramnya nan sudah tidak beraksi sejak 2020 lalu.


5. Sang Javas

Berbeda dengan upaya kuliner sebelumnya, Kaesang juga pernah membuka upaya konveksi nan berjulukan Sang Javas. Uniknya, upaya nan berdiri sejak Agustus 2017 lampau itu menyebut pelanggannya dengan julukan ‘Kecebong’. Tetapi, andaikan memandang pada media sosial Instagramnya, upaya ini sudah tidak lagi aktif sejak 2020.

Khumar Mahendra, Amelia Rahima Sari, Sultan Abdurrahman, Amy Heppy dan Andika Dwi  berkontribusi dalam penulisan tulisan ini.

Pilihan Editor: Viral Jet Pribadi Kaesang-Erina, Bolehkah Barang dari Luar Negeri Tak Lewat Bea Cukai dan Imigrasi?

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis