Daftar Bakal Calon Gubernur Jabar: Ridwan Kamil hingga Ilham Habibie

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah nama masuk bursa bakal calon gubernur Jawa Barat menjelang Pilkada Serentak 2024. Petahana Ridwan Kamil hingga putra sulung almarhum Presiden ketiga RI BJ Habibie, Ilham Akbar alias Ilham Habibie, masuk daftar itu.

Beberapa bakal calon sudah mendapatkan restu dari partai politik. Sebagian lainnya tetap sebatas kandidat jenis survei. Berikut nama-nama nan ada di bursa tersebut:

Ridwan Kamil

Bakal calon gubernur petahana Ridwan Kamil kembali masuk dalam bursa cagub Jabar. RK apalagi telah mengantongi surat tugas dari Partai Golkar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, RK juga menjadi kandidat terkuat jenis survei Saiful Mujani Research Center (SMRC). Pada survei bulan Mei 2024, elektabilitas RK menembus 52,2 persen dalam simulasi semi terbuka 27 nama.

Hanya politikus Partai Gerindra Dedi Mulyadi nan menempel RK. Jika dua nama itu berhadapan, RK punya elektabilitas 60,5 persen, sedangkan Dedi Mulyadi 37,9 persen.

Sekretaris DPD Golkar Jawa Barat Iswara membuka kesempatan duet RK dengan Dedi. Hingga saat ini, Golkar tetap membuka pintu bagi beragam kesempatan di Jawa Barat.

"Secara teori dengan siapa saja mungkin, tentunya tergantung para ketua umum partai nan kelak bakal duduk bersama," ucap Iswara kepada CNNIndonesia.com kala ditanya soal kesempatan duet RK dengan Dedi di Pilgub Jabar, Selasa (21/5).

Dedi Mulyadi

Dedi masuk bursa calon gubernur Jawa Barat. Mantan Bupati Purwakarta itu pun telah menyatakan siap jika diberi kesempatan untuk mencalonkan diri.

Saat ini, Dedi berasosiasi dengan Partai Gerindra. Dia juga pernah menjadi pentolan Partai Golkar di Jawa Barat.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan Dedi layak dicalonkan di Jawa Barat. Dia menyebut Dedi berkedudukan besar memenangkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

"Pak Dedi kader kami sekarang nan kemarin all out juga berjuang memenangkan Prabowo-Gibran, secara teoritis layak dicalonkan," ucap Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (4/6).

Ilham Habibie

Partai NasDem menyatakan support kepada Ilham Habibie untuk Pilgub Jawa Barat 2024.

NasDem menyebut Ilham terpilih lantaran jasa almarhum Habibie untuk masyarakat Jawa Barat. Selain itu, Ilham dinilai punya kompetensi menangani bagian industri strategis.

"Hari ini DPP Partai Nasdem bakal menyerahkan rekomendasi kepada Bapak Ilham Habibie sebagai calon gubernur alias calon wakil gubernur Jawa Barat," kata Ketua DPW Nasdem Jawa Barat Saan Mustopa, di NasDem Tower,Jakarta, Kamis (6/6).

Kursi NasDem di DPRD Jawa Barat belum cukup untuk mengusung calon sendirian. Oleh lantaran itu, mereka perlu membangun koalisi dengan partai lain.

Desy Ratnasari

Anggota DPR dari Fraksi PAN Desy Ratnasari menyatakan siap maju di Pilgub Jabar tahun ini.

Desy dikenal sebagai pesohor di Jawa Barat. Selebritas itu Desy punya pedoman masa di dapil Jabar IV nan meliputi Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi.

Pada Pemilu Serentak 2024, Desy meraup 78.306 bunyi di dapil Jawa Barat IV. Dia pun telah menang di wilayah nan sama pada Pemilu 2019.

"Sebagai kader, tentu kudu siap ditugaskan di mana pun," ucap Desy beberapa waktu lalu.

Bima Arya

Politikus PAN ini mengincar posisi Jabar satu usai menuntaskan dua periode sebagai wali kota Bogor. Bima sudah mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat.

Bima sudah sowan ke sejumlah partai politik untuk ikut penjaringan calon gubernur Jawa Barat. Setidaknya, dia telah mendaftar ke Partai Golkar dan PAN.

"Bismillah kita bergerak menuju Gedung Sate, kita bergerak untuk Jawa Barat," ucap Bima Arya di Monumen Pahlawan Covid-19, Kota Bandung pada Sabtu (4/5).

Survei SMRC juga merekam support untuk Bima Arya meskipun tipis. Bima muncul di simulasi terbuka (top of mind) dengan elektabilitas 1,3 persen.

Deddy Mizwar

Aktor nan juga pernah menjabat wakil gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar kembali masuk dalam bursa cagub Jabar. Dukungan untuk Deddy terekam di survei SMRC nan dirilis hari ini.

Nama Deddy muncul pada simulasi terbuka dengan elektabilitas 0,9 persen. Pada simulasi semi terbuka 27 nama, elektabilitas Deddy naik menjadi 3,8 persen.

Deddy pernah ikut Pilgub Jabar 2018. Saat itu dia berpasangan dengan Dedi Mulyadi. Mereka kalah dari pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum.

(dhf/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional