Daftar Biaya Kuliah 5 Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2024/2025

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Polemik kenaikan biaya kuliah di perguruan tinggi negeri di Indonesia menimbulkan beragam respons dari komponen mahasiswa maupun masyarakat.

Kenaikan biaya pendidikan tersebut dilandasi Permendikbud-Ristek Nomor 2 tahun 2024 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi di PTN Kemendikbud-Ristek nan ditetapkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Penetapan tarif UKT di PTN dilakukan setelah mendapat persetujuan dari kementerian. Sementara bagi PTN Badan Hukum, penetapan tarif UKT dilakukan setelah berkonsultasi dengan kementerian.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lalu berapakah besaran UKT di beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia. Berikut CNNIndonesia.com telah merangkumnya: 

Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia telah menetapkan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Tahun Ajaran 2024/2025. Biaya tersebut diatur dalam Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor 792/SK/R/UI/2024 nan dilandaskan pada Permendikbud Nomor 2 Tahun 2024.

Peraturan tersebut mengatur biaya UKT bagi mahasiswa program Sarjana dan program Pendidikan Vokasi nan masuk melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan jalur Mandiri.

UKT di UI dibagi ke dalam 5 kelompok. Untuk golongan 1 dan 2 besaran UKT nan ditetapkan baik di program Sarjana maupun program Pendidikan Vokasi disamaratakan. Kelompok 1 sebesar Rp500 ribu dan Kelompok 2 sebesar Rp1 juta. Untuk golongan 3, 4, dan 5 besarannya bervariasi.

Untuk golongan 3 program Sarjana besaran biaya nan ditetapkan setiap bidang bervariasi, berkisar antara Rp7,5 juta sampai Rp15 juta. Untuk golongan 3 program Pendidikan Vokasi besaran biaya nan ditetapkan setiap bidang berbeda berkisar antara Rp8 juta sampai Rp10 juta.

Untuk golongan 4 program Sarjana besaran biaya nan ditetapkan setiap bidang bervariasi, berkisar antara Rp7,8 juta sampai Rp17,5 juta. Untuk golongan 4 program Pendidikan Vokasi besaran biaya nan ditetapkan setiap bidang berbeda berkisar antara Rp10 juta sampai Rp 13 juta.

Untuk golongan 5 program Sarjana besaran biaya nan ditetapkan setiap bidang bervariasi, berkisar antara Rp14 juta sampai Rp20 juta. Untuk golongan 5 program Pendidikan Vokasi besaran biaya nan ditetapkan setiap bidang berbeda berkisar antara Rp13 juta sampai Rp15 juta.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) menetapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Pendidikan Unggul jalur SNBP, SNBT, dan Ujian Mandiri UGM (UM-UGM) tahun akademik 2024/2025. Hal ini disampaikan UGM melalui website um.ugm.ac.id

UKT di UGM terdiri atas dua macam, ialah UKT Pendidikan Unggul UGM dan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi UGM. UKT Pendidikan Unggul UGM ditetapkan secara berkeadilan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi UGM berupa subsidi sebesar 100%, 75%, 50%, alias 25% dari besaran nominal UKT Pendidikan Unggul.

Ketentuan tersebut diatur dalam Keputusan Rektor UGM Nomor 243/UN1.P/KPT/HUKOR/2024. Keputusan ini telah mengatur mengenai rincian biaya kuliah untuk program Sarjana dan Sarjana Terapan untuk setiap golongan bidang di setiap golongan bidang.

Kelompok bagian pertama adalah golongan program Sarjana Terapan. Kelompok bagian ini terdiri atas 5 golongan jurusan. Pada golongan bagian ini biaya UKT nan diterapkan ada di kisaran Rp0-Rp15 juta.

Kelompok bagian kedua adalah golongan bagian Ilmu Sosial dan Humaniora. Kelompok bagian ini terdiri atas 11 golongan jurusan. Pada golongan bagian ini biaya UKT nan diterapkan ada di kisaran Rp0-Rp 12,5 juta.

Kelompok bagian ketiga adalah golongan bagian Ilmu Sains, Teknologi, dan Kesehatan. Kelompok bagian ini terdiri atas 14 golongan jurusan. Pada golongan bagian ini biaya UKT nan diterapkan ada di kisaran Rp0-Rp30 juta.


Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional