Daftar Calon Diusung PKS di Pilkada 2024: RK hingga Menantu Jokowi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membuat manuver politik di sejumlah wilayah pada Pilkada Serentak 2024. Selain mencalonkan kader sendiri, PKS juga mendukung calon-calon dari barisan pemerintahan.

PKS merapat ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) di beberapa daerah. Misalnya, di Sumatera Utara dengan mengusung menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution.

Mereka juga menyiapkan presiden mereka Ahmad Syaikhu di Pilgub Jabar. Berikut daftar kepala wilayah nan diusung PKS pada Pilkada Serentak 2024:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ahmad Syaikhu

Presiden PKS Ahmad Syaikhu turun gunung di Pilkada Serentak 2024. Tak hanya menjadi ahli kampanye, dia mencalonkan diri sebagai gubernur Jawa Barat.

Syaikhu berduet dengan calon dari Partai NasDem Ilham Habibie. Syaikhu dan Ilham bakal menantang Dedi Mulyadi dan Erwan Setiawan nan diusung KIM.

Dedi dan Erwan punya koalisi gendut berisi Demokrat, Gerindra, Golkar, PAN, Partai Hanura, Partai Gelora, Partai Garuda, PKN, Partai Buruh, PRIMA, Perindo, PBB, dan Partai Ummat.

Bobby Nasution

PKS mengejutkan publik dengan mendukung Bobby Nasution di Pilgub Sumut. Pilihan itu dinilai luar biasa lantaran PKS selama ini menempatkan diri berseberangan dengan mertua Bobby, Presiden Jokowi.

Selain itu, PKS juga menjadi tulang punggung pemenangan Edy Rahmayadi pada pilgub sebelumnya. Kali ini, PKS justru meninggalkan sang petahana.

Bersama KIM Plus, PKS mengusung Bobby Nasution dan Surya. Mereka bakal menghadapi Edy Rahmayadi dan Hasan Basri nan didukung PDIP dan Hanura.

Ridwan Kamil

PKS juga berasosiasi dengan barisan pemerintah pada Pilgub DKI Jakarta. Mereka mengusung Ridwan Kamil dalam pilkada ibu kota negara.

Menyandang status partai dengan bangku terbanyak di Jakarta, PKS mendapatkan bangku wakil gubernur. Mereka menempatkan Suswono di bangku tersebut.

Keputusan PKS ini tak hanya mengejutkan lantaran merapat ke pemerintah. PKS juga meninggalkan Anies Baswedan nan sebelumnya sudah mereka calonkan.

Pasangan RK-Suswono bakal berhadapan dengan pasangan Pramono Anung dan Rano Karno. Duet itu diusung PDIP. Ada pula Dharma Pongrekun dan Kun Wardhana nan maju dari jalur perseorangan.

Andra Soni

PKS memilih Andra Soni sebagai calon gubernur Banten. PKS memasangkan Andra dengan kader mereka Achmad Dimyati Natakusumah.

PKS ikut koalisi besar KIM Plus di Banten. Koalisi itu berisikan Gerindra, Golkar PKS, Demokrat, NasDem, PKB, PAN, PSI, dan PPP.

Gerbong tersebut bakal menghadapi Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi. Meski hanya didukung PDIP dan Golkar, Airin berasal dari dinasti Ratu Atut Chosiyah nan selama ini berkuasa di Banten.

Ahmad Luthfi

PKS juga berdampingan dengan barisan pemerintah di Jawa Tengah. Mereka sepakat mengusung Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen.

KIM Plus di Jateng berisi Gerindra, PAN, Golkar, Demokrat, dan PSI. Kemudian, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Buruh, Partai Garuda, Partai Kebangkitan Nasional (PKN), serta dan Partai Rakyat Adil Makmur (Prima).

Koalisi itu bakal bertanding dengan PDIP. Partai pemilik bangku terbanyak di Jateng tersebut mencalonkan dua kadernya, Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi.

Khofifah Indar Parawansa

PKS juga ikut dalam koalisi pengusung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak. Koalisi gendut itu beranggotakan Gerindra, PAN, PSI, PPP, PKS, dan NasDem.

Ada potensi tiga poros di Pilgub Jatim tahun ini. Selain poros KIM, bakal ada poros PKB dan poros PDIP.

PKB sudah mencalonkan dua kadernya, Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim. Adapun PDIP sedang mempersiapkan Tri Rismaharini.

(dhf/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional