Daftar Calon Gerindra di Pilkada 2024: Bobby Nasution hingga RK

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Gerindra menjadi penggerak Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus di Pilkada Serentak 2024. Dengan koalisi gemuk, mereka mengusung calon-calon seperti Bobby Nasution hingga Ridwan Kamil.

Gerindra berkoalisi dengan Golkar, Demokrat, PAN, dan PSI di sejumlah daerah. Di beberapa daerah, mereka juga berdampingan dengan PKS dan PKB.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut daftar kepala wilayah nan diusung Partai Gerindra di Pilkada Serentak 2024.

Bobby Nasution

Gerindra mengusung kader mereka nan juga menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution, di Pilgub Sumatera Utara. Gerindra memasangkan Bobby dengan politikus Golkar Surya.

Pencalonan Bobby sempat mendapat pertentangan dari Golkar Sumatera Utara. Mereka tadinya mau mengusung wakil gubernur petahana Musha Rajekshah namalain Ijeck sebagai calon gubernur.

Setelah sempat berpolemik, Bobby dan Ijeck bertemu. Kemudian, Golkar sepakat mengusung Bobby. Mereka pun mendapat jatah bangku calon wakil gubernur.

Pasangan itu disokong koalisi PSI, Perindo, PKB, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Nasdem, PAN, Partai Demokrat, dan PKS.

Bobby-Surya bakal menghadapi calon petahana Edy Rahmayadi dan Hasan Basri. Edy-Hasan disokong koalisi PDIP, Hanura, dan Partai Ummat.

Ridwan Kamil

Gerindra menjadi partai pertama nan mengusung Ridwan Kamil di Pilgub DKI Jakarta 2024. Padahal, saat itu Golkar lebih condong menugaskan RK di Pilgub Jabar.

Setelah pergolakan di internal Golkar, Airlangga Hartarto mundur dari kedudukan ketua umum. Pencalonan RK di Jakarta pun semakin mulus.

Ada 12 partai nan sudah mendeklarasikan support untuk RK. Partai-partai itu juga merestui Suswono sebagai calon wakil gubernur pendamping Ridwan Kamil.

RK-Suswono bakal berhadapan dengan dua pasangan calon lainnya. Dua poros itu adalah Pramono Anung-Rano Karno nan diusung PDIP dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana nan maju dari jalur perseorangan.

Dedi Mulyadi

Gerindra mengusung kadernya di Pilgub Jawa Barat, ialah Dedi Mulyadi. Pencalonan Dedi semakin mulus setelah RK dicalonkan di Jakarta.

Dedi mendapatkan support dari Gerindra, Golkar, PAN, Partai Hanura, Partai Gelora, Partai Garuda, PKN, Partai Buruh, PRIMA, Perindo, PBB, dan Partai Ummat. Dedi bakal didampingi oleh politikus Partai Golkar Erwan Setiawan.

Pasangan itu telah mendaftarkan diri ke KPUD Jawa Barat pada Selasa (27/8).

Sementara ini, pesaing Dedi-Erwan adalah Akhmad Syaikhu dan Ilham Habibie. Pasangan tersebut didukung PKS dan Partai NasDem.

Andra Soni

Manuver Gerindra di Pilgub Banten nyaris membikin calon favorit, Airin Rachmi Diany, kandas mencalonkan diri. Mereka menghimpun support dari partai-partai untuk mengusung Andra Soni dan Dimyati Natakusumah.

Hingga akhir pekan kemarin, Andra-Dimyati sukses mengantongi support dari Gerindra, Golkar PKS, Demokrat, NasDem, PKB, PAN, PSI, dan PPP.

Meski begitu, Golkar banting setir setelah PDIP mengusung Airin Rachmi Diany. Mereka memutuskan untuk ikut mengusung Airin nan merupakan kader mereka di Pilgub Banten.

Ahmad Luthfi

Gerindra berbareng partai-partai KIM Plus mengusung Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen. Mereka telah mendaftarkan pasangan itu ke KPUD Jawa Tengah hari ini.

Luthfi dan Yasin maju dengan support Gerindra, PAN, Golkar, Demokrat, PSI, PBB, Partai Buruh, Partai Garuda, Partai Kebangkitan Nasional (PKN), serta dan Partai Rakyat Adil Makmur (Prima).

Pasangan ini bakal menghadapi duet PDIP, Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi di Pilgub Jawa Tengah.

Khofifah Indar Parawansa

Bersama KIM Plus, Gerindra mendukung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak. Mereka memberikan support kepada dua politisi nan berjasa memenangkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024 itu.

Khofifah-Emil mengantongi support dari Gerindra, PAN, PSI, PPP, PKS, Golkar dan NasDem. Mereka kemungkinan bakal bersaing dengan dua poros lainnya.

PDIP menyiapkan Tri Rismaharini untuk Pilgub Jawa Timur. Namun, mereka belum mengumumkan pasangan Risma.

Sementara itu, PKB mencalonkan dua kadernya, Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim.

(dhf/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional