Daftar Calon Kepala Daerah Golkar yang Diusung Airlangga untuk Pilkada

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Golkar dalam kepemimpinan Airlangga Hartarto telah memberikan support kepada sejumlah calon kepala wilayah di Pilkada 2024 sampai akhirnya menko perekonomian itu mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Pengumuman itu disampaikan melalui sebuah video nan disebarkan pada Minggu (11/8) siang. Selanjutnya, Golkar bakal memilih pelaksana tugas (plt) ketua umum hingga ditetapkannya ketua umum definitif.

Adapun beberapa kepala wilayah nan diusung Golkar ada nan merupakan kader, tetapi ada juga nan bukan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut ini tokoh nan telah diusung Golkar era Airlangga untuk Pilkada 2024.

1. Dedi Mulyadi (Pilkada Jawa Barat)

Partai Golkar memutuskan mendukung Dedi Mulyadi maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2024.

Keputusan tersebut disampaikan Airlangga Hartarto usai menghadiri peringatan ulang tahun organisasi sayap partainya, Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) di Djakarta Theater, Jumat (2/8) malam.

Airlangga menyatakan sudah berjumpa dengan Dedi Mulyadi. Pada kesempatan itu, Golkar menyatakan ikut mendukung Dedi nan merupakan kader Partai Gerindra.

2. Bobby Nasution (Pilkada Sumatera Utara)

Bobby Nasution nan merupakan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengantongi support dari Partai Golkar. Pada 19 Juni 2024, Airlangga secara resmi menyerahkan surat rekomendasi alias support kepada Bobby.

"Saya menerima kunjungan dari Pak Bobby, Wali Kota Medan, nan pada kesempatan ini sudah dibahas bahwa Pak Bobby bakal maju menjadi Gubernur Sumatera Utara dan telah mendapatkan support dari beberapa partai, termasuk dari Partai Golkar," kata Airlangga di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (19/6).

3. Sekar Tandjung (Pilkada Solo)

Golkar secara tegas menyatakan hanya memberi tugas kepada Ketua DPD II Golkar Solo Sekar Krisnauli Tandjung sebagai kandidat Wali Kota Solo.

Anak politikus senior Golkar Akbar Tandjung itu apalagi sudah mendaftar sebagai kandidat calon wali kota Solo lewat Gerindra dan PSI awal Juni lalu.

4. Khofifah dan Emil Dardak (Pilkada Jawa Timur)

Partai Golkar ikut mengusung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sebagai gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Jawa Timur 2024. Surat support diberikan langsung oleh Airlangga Hartarto.

Airlangga berambisi Khofifah dan Emil Dardak bisa melanjutkan keberhasilan pembangunan di Jawa Timur. Partai Golkar juga sebelumnya mengusung Khofifah dan Emil di Pilgub Jatim 2018.

5. Nur Arifin dan Syah Muhammad (Pilkada Trenggalek)

Partai Golkar mendukung pasangan petahana Bupati-Wakil Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin-Syah Muhammad Natanegara, untuk maju lagi di Pilkada 2024.

Dilansir Antara, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Trenggalek Arik Sriwahyuni menyatakan partai memperhatikan survei elektabilitas pasangan itu. Selain itu, Golkar juga mendengarkan bunyi akar rumput.

6. Ahmad Luthfi (Pilkada Jawa Tengah)

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Tengah Panggah Susanto telah menyatakan partainya bakal mendukung eks Kapolda Jateng Komjen Ahmad Luthfi di Pilgub Jateng. Saat ini, Luthfi ditugaskan di Inspektorat Kementerian Perdagangan (Kemendag). Ia baru bakal memasuki masa pensiun pada November 2024.

7. Andika Hazrumy dan Nanang (Pilkada Serang)

Andika Hazrumy-Nanang Supriatna telah mendapatkan support sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Serang lewat surat keputusan (SK) DPP Partai Golkar.

SK diserahkan langsung Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia.

8. Syamsuar dan Mawardi (Pilkada Riau)

Golkar telah mengeluarkan SK support untuk Syamsuar dan Mawardi di Pilkada Riau. Hal itu disampaikan Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus dalam Konferensi Pers di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis (18/7).

9. Ridwan Kamil (Pilkada Jakarta)

Golkar akhirnya memutuskan eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk berkompetisi di Jakarta. Sebelumnya, partai berlambang pohon beringin itu menugaskan Ridwan Kamil maju di Pilgub Jawa Barat alias Jakarta.

Bersamaan dengan itu, Golkar juga sempat memberikan petunjuk kepada politisi Jusuf Hamka (Babah Alun) maju sebagai calon gubernur alias calon wakil gubernur DKI Jakarta. Namun, Golkar berbareng Koalisi Indonesia Maju (KIM) memutuskan mengusung Ridwan Kamil sebagai calon Gubernur DKI Jakarta.

10. Rohidin Mersyah dan Meriani (Pilkada Bengkulu)

11. Rudy Mas'ud dan Seno Aji (Pilkada Kalimantan Timur)

12. Raudatul Jannah dan Akhmad Rozanie Himawan (Pilkada Kalimantan Selatan)

13. Sutarmidji dan Ria Norsan (Pilkada Kalimantan Barat)

14. John Tabo dan Ones Pahabol (Pilkada Papua Pegunungan)

15. Lambertus Jitmau dan Samsudin Anggalilu (Papua Barat Daya)

(yla/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional