Daftar Formasi CPNS 2024 untuk Lulusan SMA, Ada Penjaga Tahanan hingga Pemelihara Tumbuhan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Sejumlah kementerian dan pemerintah wilayah (pemda) sudah mengumumkan kebutuhan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2024. Kesempatan bakal diberikan kepada lulusan sekolah menengah atas (SMA) alias sederajat, diploma tiga (D3), sarjana terapan (D4), sarjana (S1), dan magister (S2). 

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tabalong, Erwan Mardani mengatakan ada sembilan lembaga pusat nan membuka susunan calon aparatur sipil negara (CASN) bagi lulusan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA). Instansi nan dimaksud adalah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) serta Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

Kemudian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Intelijen Negara (BIN), Kejaksaan Agung (Kejagung), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), serta Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 

“Saya memberikan satu support ya kepada penduduk Kabupaten Tabalong nan lulusan SLTA. Sepatutnya dan sebaiknya ikuti tes, daftar dulu di Kemenkumham, Kejaksaan, lantaran juga itu satu peluang, meskipun hanya lulusan SLTA, baik itu SMA, SMK (sekolah menengah kejuruan), madrasah aliyah (MA), alias pondok pesantren (ponpes) sederajat,” Kata Erwan dalam keterangan tertulis di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Kamis, 4 Juli 2024. 

Daftar Formasi CPNS 2024 untuk Lulusan SMA

Dirangkum dari beragam sumber, berikut daftar susunan CPNS 2024 bagi lulusan SMA nan telah diumumkan oleh lembaga pusat dan pemda: 

1. Penjaga Tahanan

Biro Sumber Daya Manusia Sekretariat Jenderal (Biro SDM Setjen) Kemenkumham melalui Instagram, pada Selasa, 11 Juni 2024 mengatakan bahwa terdapat dua susunan nan disediakan untuk lulusan SMA alias sederajat. Salah satunya adalah Penjaga Tahanan nan bekerja untuk melakukan pengawasan, pembinaan keamanan, serta keselamatan narapidana dan tahanan. 

2. Pemeriksa Keimigrasian

Kedua, Biro SDM Setjen Kemenkumham juga memberikan kesempatan bagi lulusan SMA alias sederajat untuk menjadi Pemeriksa Keimigrasian. Seorang Pemeriksa Keimigrasian diberi tanggung jawab untuk melakukan pengawasan terhadap orang masuk dan ke luar dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Selanjutnya: Satpol PP, Damkar, dan Operator Layanan Kesehatan
  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis