Daftar Partai Pengusung Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 05 Jul 2024 06:19 WIB

Bobby telah mengantongi support dari lima partai politik untuk maju di Pilgub Sumut 2024. Berikut daftarnya. Bobby telah mengantongi support dari lima partai politik untuk maju di Pilgub Sumut 2024. (CNN Indonesia/Farida)
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Jalan Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara 2024 semakin terbuka lebar. Sejumlah partai telah menyatakan support mereka kepada menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Dukungan partai untuk Bobby disampaikan melalui penyerahan surat rekomendasi hingga pernyataan para elite partai.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut ini partai politik nan telah mendukung Bobby maju sebagai calon gubernur Sumut.

Golkar

Dukungan dari Golkar diberikan dengan penyerahan surat tugas dari Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto kepada Bobby pada 19 Juni 2024. Golkar adalah pemilik bangku terbanyak di DPRD Sumatera Utara dengan 22 kursi.

Gerindra

Dilansir detikSumut pada 19 Juni, Sekretaris DPD Gerindra Sumut Sugiat mengaku sangat senang dengan support Golkar untuk Bobby. Menurut Sugiat, support Golkar menambah kans kemenangan Bobby di Pilgub Sumut.

"Kami sangat senang dan menambah semangat kami lantaran support Golkar kepada kader Gerindra Muhammad Bobby Afif Nasution untuk maju di Pilgubsu 2024 dan semakin optimis bahwa support Golkar ini bakal menggenapkan kesempatan kemenangan Bobby pada Pilgubsu 2024," kata Sugiat.

Adapun Bobby merupakan kader Gerindra setelah dia keluar dari PDIP. Di DPRD Sumatera Utara, Gerindra mempunyai 13 kursi.

NasDem

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan mendukung Bobby di Pilgub Sumut. Hal tersebut dia sampaikan ketika ditanya apakah NasDem sudah memutuskan mengusung tokoh untuk memperebutkan bangku Sumut 1 itu.

"Bobby kan," kata Paloh di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (24/6). NasDem mempunyai 12 bangku di DPRD Sumut.

PAN

PAN juga memberikan surat penugasan kepada Bobby untuk maju. Di DPRD Sumut, PAN punya enam kursi.

Demokrat

Partai Demokrat telah menyatakan support terhadap Bobby. Demokrat mempunyai lima bangku di DPRD Sumut.

PKB

Terbaru, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mengeluarkan surat rekomendasi kepada Bobby. Surat diserahkan langsung oleh Waketum PKB Jazilul Fawaid kepada Bobby di DPP PKB, Jakarta, Kamis (4/7). Di DPRD Sumut, PKB mempunyai empat kursi.

Dengan support enam partai politik tersebut, Bobby sudah mengantongi 62 bangku dari 100 bangku DPRD Sumut. Ia telah memenuhi syarat untuk maju di pilgub.

Syarat untuk dapat maju di Pilgub Sumut adalah 20 bangku sesuai dengan Pasal 40 Ayat (1) Undang-Undang Pilkada Nomor 10 Tahun 2016.

(yoa/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional