Daftar Paslon PDIP di Pilkada Banten: Klan Atut hingga Jayabaya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

PDIP secara resmi mengusung pasangan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilgub Banten 2024.

Deklarasi support digelar di ICE BSD, Tangerang Selatan, Minggu (25/8). Pada kesempatan itu, PDIP juga mengumumkan support kepada para bakal calon bupati/wali kota se-Provinsi Banten.

Dukungan kepada pasangan Airin-Ade itu dipastikan melalui penyerahan blangko rekomendasi B1 Parpol KWK dalam aktivitas Deklarasi Banten Maju Bersama di ICE BSD tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kesimpulan nan kami laporkan kepada Ibu Megawati bahwa berasas serap aspirasi dari teman-teman PAC, Ranting, DPC, DPD, mereka mengusulkan agar melakukan kerja sama politik dengan Partai Golkar nan mengusung Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dari Provinsi Banten," kata Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah dalam Deklarasi Banten Maju Bersama mengutip dari Antara.

Ia mengatakan pemberian rekomendasi support parpol kepada seluruh bakal calon kepala wilayah pada Pilkada 2024 di Banten ini merupakan hasil kesepakatan berbareng dari mulai tingkat Ranting, DPC hingga DPD PDIP.

PDIP mendukung Airin pada Pilkada Banten secara berdikari lantaran memandang tidak ada support dari Partai Golkar.

Selain Airin-Ade, pada kesempatan sama, PDIP juga menyerahkan surat B1 Parpol KWK kepada delapan pasangan bakal calon bupati/wakil bupati dan bakal calon wali kota/wakil wali kota se-Provinsi Banten.

Pasangan calon kepala wilayah nan didukung PDIP untuk Pilkada Serentak 2024 di Banten masing-masing Ratu Ria-Subadri Ushuludin (Kota Serang), Robinsar-Fajar Hadi Prabowo (Kota Cilegon), Sahrudin-Maryono Hasan (Kota Tangerang), dan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan (Kota Tangerang Selatan).

Selanjutnya, Andika Hazrumi-Nanang (Kabupaten Serang), Hasbi Jayabaya-Amir Hamzah (Kabupaten Lebak), Fitron-Diana (Kabupaten Pandeglang), Mad Romli-Irvansyah (Kabupaten Tangerang).

Klan Ratu Atut dan Mulyadi Jayabaya

Uniknya dari sembilan paslon pada pilkada di provinsi itu dalam Pilkada serentak 2024 ini, beberapa calon PDIP itu tetap mengenai dengan klan alias family politikus senior Banten ialah family eks Bupati Banten Ratu Atut Choisiyah dan family eks Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya.

Dari family Ratu Atut ada Airin (adik ipar), Andika (anak), Ratu Ria (adik), dan Pilar Saga (keponakan). Sementara dari family Mulyadi Jayabaya ada Hasbi (anak) dan Diana Jayabaya (anak).

Hasbi akan berkompetisi di Pilkada Lebak, di mana sebelumnya kakaknya ialah Iti Octavia Jayabaya telah menjadi bupati di sana selama dua periode, seperti halnya ayah mereka.

Dan, berikut ini daftar pasangan bakal calon kepala wilayah Pilkada Serentak 2024 untuk Provinsi Banten:

1. Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi.
2. Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan.
3. Calon Bupati dan Wakil Bupati Serang, Andika Hazrumy-Nanang Supriyatna.
4. Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang, Ratu Ria Maryana-Subadri Ushuludin.
5. Calon Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang, Fitron Nur Ikhsan-Diana Jayabaya.
6. Calon Bupati dan Wakil Bupati Lebak, Hasbi Asyidiki Jayabaya-Amir Hamzah.
7. Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon, Robinsar-Fajar Hadi Prabowo.
8. Calon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli-Irvansyah.
9. Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin-Maryono.

[Gambas:Twitter]

(kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional