Daftar Penyedia Sewa Jet Pribadi di Indonesia, Bagaimana Prosedur dan Berapa Harga Sewanya?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Jet pribadi menjadi perbincangan hangat hari-hari ini. Musababnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di juga putra bungsu Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Kaesang Pangarep, kedapatan menggunakan jet pribadi kala mengantar istrinya, Erina Gudono, ke Amerika Serikat. Erina dikabarkan bakal menempuh pendidikan S2 di University of Pennsylvania.

Membahas soal jet pribadi, apa saja perusahaan sewa jet pribadi di Indonesia? Serta, gimana sistem penyewaannya, seperti nilai hingga lama penyewaannya?

Pesawat jet gulfstream. Gulfstream

Daftar penyedia sewa jet pribadi

Sebenarnya ada banyak jasa sewa jet pribadi di Indonesia, berikut beberapa di antaranya:

1. Air Charter Service

Sebagai salah satu perusahaan charter terbesar di dunia, Air Charter Service juga datang di Indonesia. Mereka menawarkan beragam jenis pesawat untuk beragam keperluan.

2. PT Indonesia Air Transport

Perusahaan ini menawarkan jasa charter untuk beragam sektor, termasuk minyak dan gas bumi.

3. VistaJet

Dikenal dengan kemewahannya, VistaJet juga melayani pasar Indonesia. Mereka menawarkan beragam pilihan pesawat dengan interior nan elegan.

4. Aerotek Aviation Group

Perusahaan ini menyediakan jasa sewa pesawat pribadi dengan beragam pilihan pesawat dan nilai nan kompetitif.

5. Indo Jet Charter

Perusahaan ini unik menyediakan jasa charter pesawat jet pribadi di Indonesia.

Biaya sewa

Biaya sewa jet pribadi bisa sangat bervariasi dan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

1. Jenis Pesawat.

Ukuran, kapabilitas penumpang, dan fitur pesawat bakal sangat mempengaruhi nilai sewa.

2. Jarak Tempuh

Semakin jauh jarak nan ditempuh, semakin tinggi pula biaya sewa.

3. Lama Waktu Penerbangan

Durasi penerbangan juga menjadi aspek penentu harga.

4. Waktu Pemesanan

Iklan

Pemesanan mendadak alias pada peak season biasanya bakal dikenakan biaya tambahan.

5. Layanan Tambahan

Layanan seperti catering, kru tambahan, alias izin pendaratan unik bakal menambah biaya sewa.

Secara umum, biaya sewa jet pribadi dihitung berdasarkan:

 - Per Jam: Ini adalah metode nan paling umum, di mana Anda bakal dikenakan biaya untuk setiap jam penggunaan pesawat.

 - Per Segmen: Biaya dihitung berasas jarak nan ditempuh, biasanya dalam satuan nautical mile.

 - Paket All-Inclusive: Beberapa perusahaan menawarkan paket nan sudah mencakup semua biaya, termasuk bahan bakar, parkir, dan jasa lainnya.

Harga sewa jet pribadi di Indonesia

Harga sewa jet pribadi di Indonesia sangat bervariasi dan dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti jenis pesawat, jarak tempuh, akomodasi tambahan, serta waktu pemesanan.

1. Murah

Untuk pesawat jet sangat ringan (VLJ) seperti Eclipse 500, nilai sewa bisa dimulai dari sekitar Rp 24.5 juta per jam. Pesawat jenis ini cocok untuk perjalanan jarak pendek dengan kapabilitas penumpang nan terbatas.

2. Menengah

Untuk pesawat jet ukuran sedang, nilai sewanya bisa berkisar antara Rp 50 juta hingga Rp 150 juta per jam. Pesawat jenis ini menawarkan lebih banyak kenyamanan dan kapabilitas penumpang nan lebih besar.

3. Mahal

Untuk pesawat jet mewah seperti Gulfstream, nilai sewanya bisa mencapai ratusan juta rupiah apalagi miliaran rupiah per jam. Pesawat ini dilengkapi dengan akomodasi nan sangat komplit dan mewah.

Kabar keberangkatan anak dan menantu Jokowi ini mencuat di lini massa setelah warganet di X mengunggah tangkapan layar IG Story Erina. Unggahan itu berupa foto jendela pesawat pada Rabu 21 Agustus 2024 dengan tulisan “USA here we go”. Warganet menduga, mereka menggunakan jet privat lantaran jendela pesawatnya berbeda dengan nan komersil.

“Also Erina Gudono pembaruan her story dari jendela pesawat nan diyakini itu bukan pesawat komersil. The irony,” tulis seorang warganet dengan akun @aglioeoliopasta.

Adapun pesawat pribadi nan diduga dipakai Kaesang dan istrinya ke Amerika Serikat dari Indonesia adalah Gulfstream G650 buatan 2021 dengan tail number N588SE. Dikutip dari situs Air Charter Advisors, Gulfstream G650 adalah salah satu jet pribadi paling mewah di dunia. Biasanya disewa oleh pejabat pemerintah alias selebritas.

Tarif sewanya berkisar antara US$ 17.000 hingga US$ 19.750 per jam, tergantung pada model, rute, dan jumlah penumpang. Jika dikonversikan dengan kurs rupiah saat ini (Rp 15.636 per dolar AS), nilai sewa jet pribadi nan digunakan Kaesang dan Erina mencapai Rp 265,8 juta hingga Rp 308,8 juta per jam.

Hal tersebut kemudian menuai polemik dan menjadi pembicaraan. Warganet mengkritik keras Erina dan Kaesang lantaran pergi menggunakan jet pribadi di tengah maraknya tindakan demonstrasi RUU Pilkada nan dinilai merusak kerakyatan dan konstitusi. Selain itu, keduanya dikecam lantaran menyewa jet pribadi dengan nilai fantastis.

HENDRIK KHOIRUL MUHID  | RADEN PUTRI | RIZKI DEWI AYU

Pilihan Editor: Jet Pribadi Gulfstream nan Ditumpangi Kaesang-Erina Gudono Diduga Milik Petinggi Induk Usaha Shopee

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis