Dedikasi Pemkot Semarang Kelola Arsip Raih Penghargaan dari ANRI

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menerima dua penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada Hari Kearsipan ke-53, ialah Pengawasan Kearsipan Tahun 2023 dengan kategori AA (Sangat Memuaskan) untuk Kategori Kota/Kabupaten, dan Penetapan Arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa (MKB) Tahun 2024 untuk Arsip Revitalisasi Situs Kota Lama Semarang Tahun 1983-2022.

Penghargaan tersebut diberikan atas komitmen dan dedikasi Pemkot Semarang dalam pengelolaan arsip nan profesional, baik kearsipan eksternal maupun internal. Pemkot Semarang nan memperoleh nilai 91,38, juga tercatat sebagai kota dengan nilai tertinggi se-Jawa Tengah.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang, Bambang Suranggono menerima langsung penghargaan tersebut di Samarinda, Kalimantan Timur pada Rabu (29/5) lalu. Bambang menegaskan, kearsipan bukan hanya soal menyimpan arsip lama, melainkan juga tentang menjaga memori kolektif bangsa, nan sekaligus menjadi upaya memastikan pelestarian sejarah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pencapaian ini menjadi kebanggaan bagi Kota Semarang dan diharapkan dapat memotivasi jejeran OPD Pemerintah Kota Semarang untuk semakin meningkatkan pengelolaan arsipnya," kata Bambang.

Pada arena nan sama, upaya pelestarian sejarah Kota Semarang juga diakui melalui Arsip Revitalisasi Situs Kota Lama Semarang Tahun 1983-2022. Arsip ini ditetapkan sebagai Memori Kolektif Bangsa (MKB) Tahun 2024 setelah melalui proses seleksi presentasi, verifikasi lapangan, hingga sidang pleno Dewan Memori Kolektif Bangsa.

MKB sendiri merupakan program Arsip Nasional RI untuk menyelamatkan dan melestarikan arsip dari kemusnahan alias lenyap akibat alamiah ataupun lantaran ulah manusia, juga membangun pedoman info bagi arsip nan mempunyai nilai bagi bangsa, serta mendorong upaya peningkatan akses universal terhadap arsip.

Saat ini, arsip Situs Kota Lama menjadi salah satu dari tujuh arsip nan terpilih dari 12 nominasi.

Bambang menjelaskan, sejarah pembangunan dan pengembangan Kota Lama Semarang krusial bagi masyarakat, terlebih gedung Kota Lama merupakan situs peninggalan di era kolonial.

Atas nilai sejarahnya, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang melakukan akuisisi arsip revitalisasi situs Kota Lama Semarang dan mengusulkan ke ANRI agar ditetapkan sebagai arsip Memori Kolektif Bangsa (MKB). Langkah ini pun memperlihatkan komitmen Pemkot Semarang menjaga dan melestarikan sejarah kota.

Lebih jauh, Bambang menilai bahwa capaian Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang itu merupakan kesuksesan komitmen dari pemimpin daerah. Dirinya berharap, kepala wilayah dan Kepala OPD terus melakukan pengawasan kearsipan.

"Prestasi ini justru lantaran ada komitmen nan sangat kuat dari ketua daerah, terutama dalam melaksanakan pembinaan terhadap lembaga kearsipan wilayah Kota Semarang, dan juga peran serta dari semua OPD, sehingga pengawasan kearsipan mendapatkan hasil nan memuaskan," ujar Bambang.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional