Deret Proyek yang Diresmikan Jokowi di IKN: Bendungan hingga Sekolah

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama alias groundbreaking tahap keenam sekaligus meninjau proses pembangunan secara langsung di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) pada 4-5 Juni 2024.

"Akan dilaksanakannya Groundbreaking Tahap VI pada 4-5 Juni 2024 nan bakal dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara," tulis Otorita IKN, Senin (3/6).

Selain itu, Jokowi juga bakal meninjau persiapan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI nan direncanakan bakal berjalan di IKN nan terletak di Penajem Paser Utara tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Presiden bakal Groundbreaking sembari memandang mempersiapkan upacara 17-an," ujar Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono di Kantor Presiden Senin (3/6).

Berbagai proyek juga telah diresmikan langsung oleh Jokowi. Saat ini pembangunan IKN tahap pertama disebut sudah mencapai 80 persen dan diperkirakan segera rampung dalam waktu dekat. 

Berikut beberapa proyek besar di IKN nan diresmikan oleh Jokowi:

Bendungan Sepaku Semoi

Bendungan Sepaku Semoi merupakan salah satu proyek tahap pertama IKN. Proyek pembangunan nan menelan biaya Rp836 miliar itu mulai dibangun tahun 2020 dan telah rampung 2024.

Jokowi pun telah meresmikan waduk nan bakal menjadi sumber air minum di IKN, Selasa (4/6).

"Alhamdulillah pada siang hari ini kita segera resmikan Bendungan Sepaku Semoi nan telah dimulai pengerjaannya tahun 2020 dan selesai di tahun 2024," ujar Presiden.

Bendungan Sepaku Semoi mempunyai kapabilitas tampung nan cukup besar, mencapai 16 juta meter kubik dengan luas genangan mencapai 322 hektare.

Astra Biz Center dan Nusantara Botanical Garden

Usai meresmikan Bendungan Sepaku Semoi, Jokowi melakukan peletakan batu pertama alias groundbreaking pembangunan Astra Biz Center dan Nusantara Botanical Garden. 

Dibangun di lahan seluas 3,4 hektare, kehadiran Astra Biz Center-IKN diharapkan dapat meningkatkan kontribusi Grup Astra dalam memajukan sentra upaya serta mendorong pertumbuhan ekonomi setempat.

Astra Biz Center-IKN bakal menjadi pusat jasa dari 11 merek dari perusahaan Grup Astra, nan meliputi Astra Motor, Auto2000, Astra Daihatsu, FIFGROUP, Asuransi Astra, ACC, TAF, United Tractors, ASTRA Infra, SERA, dan Astra Property.

Sementara itu, di lingkungan nan sama, Konsorsium Nusantara juga membangun Botanical Garden di KIPP IKN nan mana bakal menghadirkan area konservasi sekaligus destinasi eduwisata.

Dengan luas lahan 211 hektar, tahap pertama pembangunan berfokus pada koleksi anggrek, pusat riset anggrek, dan rumah anggrek. Sedangkan akomodasi lain termasuk Visitor Centre, Cafe, dan Pojok UMKM, juga dibangun untuk menjadikan Nusantara Botanical Garden sebagai salah satu destinasi nan bermuatan edukasi di Nusantara.

Tahap 1A pembangunan Kebun Raya Nusantara bakal menekankan kegunaan penelitian, pendidikan, dan wisata lingkungan, dengan rencana konsentrasi pada konservasi dan jasa lingkungan pada tahap-tahap selanjutnya. Konsorsium ini juga melibatkan 11 perusahaan lainnya ialah Agung Sedayu Group, Salim Group, Sinarmas, Pulau Intan, Djarum, Wings Group, Adaro, Barito Pacific, Mulia Group, Kawan Lama, dan Alfamart.

Dalam pidatonya, Presiden menekankan pentingnya investasi untuk masa depan IKN.

"Investasi di IKN Nusantara ini adalah membeli masa depan," ujar Jokowi seperti dikutip dari situs Kantor Kepresidenan RI.

Oleh karena itu, Presiden menekankan pentingnya percepatan pembangunan prasarana seperti jalan tol dan airport untuk mendukung aksesibilitas ke IKN. Presiden juga menegaskan pentingnya support investasi saat ini untuk mewujudkan visi pembangunan Ibu Kota Nusantara.

"Jadi jika mau investasi, sekali lagi, sekarang," tegas Jokowi.

Universitas hingga sekolah internasional

Di sektor pendidikan, Universitas Gunadarma pertama nan bakal dibangun di IKN. Universitas tersebut bakal menjadi pusat pendidikan tinggi pertama di IKN yang bekerja sama dengan universitas dari Prancis, Slovakia, dan Swedia untuk program ahli internasional.

"Saya sangat menghargai, mengapresiasi universitas pertama nan bakal dibangun di IKN, ialah Universitas Gunadarma," kata Jokowi.

Untuk pendidikan tingkat SD, SMP, dan SMA, Jokowi menggandeng Al Azhar Summarecon dan Sekolah Internasional Bina Bangsa School. Sekolah ini mengangkat kurikulum Cambridge, bermaksud untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak dan mendorong peningkatan SDM di IKN.

"Sehingga SDM nan kita miliki nantinya bakal mempunyai kualitas nan sangat baik. Karena saat ini memang persaingan antar negara, kejuaraan antar SDM di negara-negara ini begitu sangat ketatnya," ujarnya.

Proyek jalan

Tidak hanya akomodasi pendidikan, Jokowi juga meresmikan pembangunan sepuluh ruas jalan dengan total panjang 50,9 kilometer di sekitar IKN.

Proyek nan menelan biaya Rp561 miliar ini merupakan bagian dari petunjuk presiden tentang jalan daerah.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan penyelenggaraan inpres jalan wilayah di Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi, Jumat (1/3).

Nusantara Superblock

Pada 20 Desember 2023, Jokowi telah meresmikan pembangunan Nusantara Superblock, sebuah area super mewah dengan nilai investasi Rp3 triliun.

"Saya sangat senang lantaran ada penanammodal dari Kalimantan Timur nan ikut berkedudukan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara," katanya.

Kawasan ini mencakup hotel bintang 5, hotel bintang 4, apartemen, pusat hiburan, gedung perkantoran, dan sekolah internasional.

Pusat Latihan Timnas

Di Ibu Kota baru juga telah dibangun Pusat Pelatihan Tim Nasional Sepak Bola Indonesia alias National Training Center. Groundbreaking proyek tersebut dilakukan pada, Jumat 22 September 2023.

Jokowi menjelaskan pembangunan akomodasi olahraga ini didanai pemerintah dan FIFA. Pemerintah mengucurkan Rp95 miliar dari Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN).

Sementara itu FIFA memberi biaya hibah Rp85,6 miliar kepada PSSI. Dana hibah FIFA Forward itu unik untuk membangun National Training Center IKN.

(csp/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional