Detik-Detik Charger HP Hanguskan Pemukiman Padat Penduduk di Manggarai

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Insiden kebakaran menghanguskan pemukiman padat masyarakat Jalan Remaja 5, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (13/8) awal hari.

Berdasarkan keterangan dari saksi nan merupakan Ketua RT 02 RW 06, diduga api berasal dari charger ponsel di salah satu rumah warga.

"Handphone lagi dicharge kemudian meledak menyambar tempat tidur," kata Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan Syamsul Huda dalam keterangannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kata Huda, saat itu pemilik rumah berupaya untuk memadamkan api secara mandiri. Namun, api membesar dengan cepat. Setelahnya, penduduk sekitar berupaya mendobrak rumah tersebut dan membantu memadamkan api. Tapi, api tak kunjung bisa dipadamkan.

"Namun api tidak bisa dipadamkan dan penduduk segera melaporkan ke pos Manggarai," ucap Huda.

Huda membeberkan total 36 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dan 126 personel nan dikerahkan ke letak untuk menjinakan si jago merah.

Diungkapkan Huda, proses pemadaman dimulai sejak pukul 02.44 WIB dan dinyatakan selesai pada pukul 18.40 WIB.

"Hambatan akses masuk TKP sangat sulit, kudu mendobrak tembok Infinia Park," ujarnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan sebanyak 4.219 penduduk mengungsi imbas kebakaran tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan jumlah itu terdiri dari 2.888 jiwa penduduk RW 06 dan 1.331 jiwa penduduk RW 12.

"Pengungsi RW 06 jumlah 15 RT dengan 750 KK 2.888 jiwa dan RW 12 jumlah 6 RT dengan 300 KK 1.331 jiwa," kata Isnawa dalam keterangannya hari ini.

Isnawa menyebut ribuan orang tersebut mengungsi di Pergudangan Infinia Jl Minangkabau, Masjid Al Falah RW 07, dan SD 05 Manggarai RW 09.

Selain itu, sebanyak tujuh orang mengalami luka akibat peristiwa tersebut. Kini mereka sudah ditangani oleh petugas. Estimasi kerugian tetap dalam pendataan.

Heru Budi terjunkan tim

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menurunkan tim satgas campuran untuk mengevakuasi korban kebakaran Manggarai. Heru memastikan jejeran Pemprov DKI Jakarta terus bergerak sigap dalam menangani peristiwa tersebut hingga situasi dapat kembali kondusif.

Ia pun menyampaikan belasungkawa atas kejadian tersebut.

"Kami telah menurunkan tim satgas campuran untuk menangani peristiwa ini, terutama dari rekan-rekan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, serta BPBD DKI Jakarta sudah bergerak, baik dalam proses pemadaman hingga pemindahan bagi para penyintas," ujar Heru dalam keterangannya, Selasa (13/8).

Heru menyebut jejeran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan hingga Kelurahan Manggarai juga terus memonitor letak kejadian dan penduduk nan mengungsi.

Ia mengimbau kepada seluruh jejeran nan bekerja di lapangan agar bisa melaksanakan tugas pokok dan kegunaan dengan profesional.

"Kepada seluruh tim satgas campuran di lapangan, tetap semangat dalam menangani situasi. Pastikan penduduk kita nan terdampak bisa mendapatkan pelayanan nan optimal dan teredukasi mitigasi bencana, sehingga bisa meminimalisasi akibat terjadi musibah nan sama di kemudian hari," imbau Heru.

(dis/lna/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional