Detik-detik Krusial di Jabar: Simpang Siur Nama Anies dan Kejutan PDIP

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

PDIP resmi mengusung Jeje Wiradinata dan Ronal Sunandar Surapradja sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur pada Pilkada Jawa Barat 2024.

Pasangan ini mendaftarkan diri pada menit-menit terakhir sebelum KPU menutup masa pendaftaran calon kepala wilayah pada Kamis (29/8) malam.

Bahkan, keduanya tak datang langsung saat pendaftaran di KPU Jawa Barat. Mereka diwakili Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono dan personil DPRD PDIP Jawa Barat Abdy Yuhana.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Keputusan PDIP mengusung Jeje Wiradinata dan Ronal Sunandar final tak lama setelah pihak Anies Baswedan menyatakan tak bakal maju dalam Pilgub Jawa Barat 2024.

"Betul, tidak jadi maju Pilgub Jabar," kata ahli bicara Anies, Usamah Abdul Aziz kepada CNNIndonesia.com, Kamis (29/8).

Padahal, sebelumnya santer beredar berita Anies bakal maju menjadi calon gubernur Jawa Barat dan didampingi Ono Surono sebagai calon wakil gubernur.

Pada Kamis (29/8) petang juga begitu kencang rumor Anies Baswedan bertolak ke Bandung untuk maju dalam Pilgub Jabar dan nantinya melangkah kaki berbareng Ono Surono mendaftarkan diri ke KPUD Jawa Barat.

Rumor itu diperkuat dengan unggahan ahli bicara Anies, Naufal Firman di akun X (Twitter). Ia mengunggah tiket kereta api tujuan Bandung. Kereta tersebut berangkat dari Stasiun Gambir pukul 18.25 WIB dan dijadwalkan tiba di Bandung pada pukul 21.24 WIB.

"Train to Bandung," tulisnya.

Beberapa jam sebelum KPU menutup pendaftaran kepala daerah, ahli bicara Anies lainnya, Sahrin Hamid memberikan keterangan pers bahwa Anies tak maju di Pilgub Jawa Barat 2024.

Ia pun menyatakan Anies pada 29 Agustus seharian berada di Jakarta, tidak bertolak ke Bandung.

Pada pukul 23.30 WIB, detik-detik terakhir sebelum pendaftaran ditutup, PDIP resmi mengusung Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja untuk Pilgub Jabar 2024.

Mulanya, pada pertengahan Agustus lalu, PDIP dan PKB Jawa Barat sepakat menjalin koalisi untuk mengusung pasangan Ono Surono dan Acep Adang Ruhiat di Pilgub Jawa Barat 2024.

Ono nan merupakan kader PDIP dipasang sebagai calon gubernur, sementara Acep Adang nan berasal dari PKB bakal menjadi calon wakil gubernur.

Namun, PKB kemudian memilih untuk pisah jalan. Partai nan dipimpin Muhaimin Iskandar alias Cak Imin itu mengusung Acep Adang Ruhiyat dan Gitalis Dwi Natarina namalain Gita KDI untuk maju dalam Pilgub Jawa Barat 2024.

(lna/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional