Dibuka Melemah Pagi Ini, Rupiah Diperkirakan Menguat hingga Rp15.350 per Dolar AS

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi memproyeksikan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini Rabu, 21 Agustus 2024 bakal ditutup menguat. Sebelumnya pada Selasa kemarin, nilai tukar rupiah ditutup menguat 114,5 poin ke level Rp15.435,5 per dolar AS. 

"Mata duit rupiah fluktuatif, namun (akan) ditutup menguat di rentang Rp15.350-Rp15.450," kata Ibrahim dalam kajian rutinnya nan dikutip Rabu.

Berdasarkan info Google Finance pukul 09.00 WIB, rupiah melemah ke level Rp15.457 per dolar AS. Per pukul 09.48 WIB, nilai tukar rupiah tercatat Rp15.442 per dolar AS alias melemah 0,04 persen.

Ibrahim mengatakan penanammodal menunggu indikasi rencana Bank Sentral AS The Fed untuk keputusan suku bunga berikutnya. The Fed diperkirakan bakal memangkas suku kembang sebesar 25 pedoman poin pada masing-masing dari tiga pertemuan nan tersisa pada tahun 2024. 

"Satu pengurangan lebih banyak dari nan diperkirakan bulan lalu, menurut kebanyakan ahli ekonomi nan disurvei oleh Reuters nan mengatakan resesi tidak mungkin terjadi," kata dia.

Iklan

Dia mengatakan personil The Fed Mary Daly dan Austan Goolsbee selama akhir pekan mengisyaratkan kemungkinan pelonggaran pada September. Ketua Fed Jerome Powell bakal berpidato di Jackson Hole pada Jumat dan penanammodal berasumsi bahwa Powell bakal bicara soal pemangkasan suku bunga.

Dari dalam negeri, Bank Indonesia (BI) bakal mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) hari ini. Salah satu kebijakan nan paling ditunggu pasar adalah pernyataan BI mengenai kebijakan suku kembang referensi alias BI rate. Dengan The Fed nan sudah mengisyaratkan pemangkasan pada September, BI pun diperkirakan bakal turut mulai memangkas suku bunga.

BI sudah mengerek suku kembang sebesar 275 bps dari 3,5 persen pada Agustus 2022 menjadi 6,25 persen saat ini. Pemangkasan suku kembang diharapkan bisa mendongrak angsuran dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.   

Pilihan Editor: Menjelang Keputusan RDG Besok Rupiah Menguat Tajam, Ditutup di Rp 15.435,5 per Dolar AS

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis