Dirjen Imigrasi: Kami Sempat Bersurat Minta Back-up di April

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 29 Jun 2024 15:42 WIB

Silmy Karim mengatakan Imigrasi telah menyurati Kominfo untuk back up info di Pusat Data Nasional (PDN) pada bulan April 2024 lalu. Serangan ransomware nan terjadi pada pekan lampau membikin sejumlah jasa publik tidak bisa diakses, termasuk jasa imigrasi dan pembuatan paspor. (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Jakarta, CNN Indonesia --

Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Silmy Karim membeberkan pihaknya telah menyurati Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk meminta back up alias pencadangan pelbagai data-data jasa milik Imigrasi di Pusat Data Nasional (PDN) pada bulan April 2024 lalu.

Namun, dia mengatakan surat tersebut tak kunjung dijawab oleh Kominfo. 

"File kita tuh ada 800 nan secara PDN, itu ada backup-nya itu 200. Bulan April kita menyurati Kominfo, untuk kita meminta di-backup, dibuatkan replika, itu bulan April," ujar Silmy dalam konvensi pers di area Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (28/6) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tetapi nan jelas. Bulan April ada suratnya kita minta untuk dibuatkan replika. Memang tidak dijawab," tambahnya.

Silmy meminta pencadangan info jasa Imigrasi lantaran belum ada info persediaan milik Imigrasi di PDN.

Melihat surat nan belum dibalas, Silmy kemudian meminta anak buahnya tetap mencadangkan pelbagai info Imigrasi secara internal melalui Pusat Data Keimigrasian (Pusdakim).

"Di situ kan kita minta ngecek-ngecek memastikan, nah kita baru tahu itu kan beberapa waktu setelah mengirim surat. Asumsi kita PDN menyediakan mirror.
Seandainya punya mirror juga taruhnya di mana? Karena itukan tetap PDNS gitu kan," kata dia.

Ketika PDN alami serangan pada Kamis (20/6) lalu, Silmy merasa beruntung gangguan jasa Imigrasi tak terlalu lama lantaran mempunyai back-up info di Pusdakim.

Silmy mengaku sempat berkomunikasi dengan Menkumham Yasonna Laoly agar Imigrasi menyiapkan pusat info baru sebagai pengganti usai PDN mengalami gangguan. Jika tidak, maka jasa bakal terus terganggu.

Silmy menceritakan butuh waktu kurang lebih 24 jam untuk menyiapkan sistem, sehingga perlintasan Imigrasi di bandara-bandara baru bisa pulih pada Sabtu (22/6).

"Kemudian satu hari dibutuhkan untuk setting. Makanya perlintasan itu baru recover pada hari Sabtu malam. Jadi dari Kamis sore ke Sabtu malam. Kenapa [pintu] perlintasan dulu? Karena ini nan paling ramai dibicarakan," kata dia.

Silmy memastikan sekarang semua jasa imigrasi sudah pulih 100 persen usai PDN bermasalah.

CNN Indonesia telah menghubungi Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong untuk meminta respons, tapi hingga buletin diturunkan belum mendapat jawaban.

(rzr/vws)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional