Doa Menag Yaqut di HUT RI ke-79 Singgung Penjajahan Diri Sendiri

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyinggung mengenai kolonialisme diri sendiri saat bekerja sebagai pembaca angan dalam Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan di Istana Negara, IKN Nusantara.

Menurut doanya, Indonesia memang telah lama terlepas dari jajahan negara asing. Tapi masalah belum usai, lantaran saat ini masyarakat dihadapkan oleh kolonialisme dari diri sendiri nan penuh dengan kedengkian.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami memohon kepadamu ya Allah, ilhami lah kami agar menyadari dengan betul rahman agung hidayah mu, nikmat kemerdekaan kami. Beri lah kepada kami dan pemimpin kami kepintaran memahami makna kemerdekaan nan hakiki," angan Yaqut di Istana Negara IKN, Sabtu (17/8).

"Beratus tahun telah kami dijajah bangsa asing dan sekarang setelah merasa merdeka, kami mulai dijajah oleh nafsu dan kedengkian kami sendiri," ujarnya

Karenanya, dia meminta agar seluruh masyarakat Indonesia bisa dibebaskan dari dengki dan nafsu nan merajalela. Sehingga bisa menjalankan perihal baik sesuai dengan aliran Tuhan nan Maha Esa.

[Gambas:Video CNN]

"Ya Allah, Ya Tuhan kami, jajahlah kami, jajahlah kami oleh mu sendiri, jangan biarkan selain mu, termasuk diri kami ikut menjajah kami," jelasnya.

Ia berharap, seluruh masyarakat Indonesia tidak terpecah belah lantaran mengikuti nafsu dan kedengkian di dalam diri masing-masing.

"Jangan biarkan kami terus menjadi hamba-hambamu nan tidak menyadari kehambaan. Kuatkan lah kami untuk hanya menghamba kepada mu dan menjadi tuan atas diri kami sendiri," tuturnya.

"Karuniai lah pemimpin kami dengan kearifan dan kebijaksanaan. Bukakan lah hati kami untuk menjunjung tinggi kejujuran dan menegakkan keadilan, mementingkan kepentingan berbareng melampaui kepentingan pribadi."

Tahun ini jadi kali pertama upacara HUT RI diadakan di dua tempat, ialah di Istana Merdeka Jakarta dan Ibu Kota Nusantara. Presiden Jokowi memimpin di IKN, upacara di sana juga dihadiri presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sedangkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bakal memimpin di Istana Merdeka. Wakil presiden terpilih Gibran juga datang di sana.

Tema HUT ke-79 RI tahun ini adalah "Nusantara Baru Indonesia Maju" nan mencerminkan semangat transisi perpindahan ibu kota negara dari Jakarta ke IKN.

(lid/chri)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional