DPP PKB Jelaskan Proses Anies Resmi Diusung di Pilgub DKI Jakarta

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ida Fauziyah mengatakan politikus Anies Baswedan tetap kudu mengikuti uji kepantasan dan kepatutan (UKK) untuk bisa diusung partainya di Pilkada Jakarta 2024.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB DKI Jakarta, nan levelnya satu tingkat di bawah DPP, resmi mendeklarasikan support kepada Anies untuk maju sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2024.

Keputusan itu berasas aspirasi dari tingkat ranting, Dewan Pimpinan Cabang (DPC), sampai DPW, serta hasil verifikasi dari desk Pilkada DKI Jakarta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hak pengusungan pasangan calon di pilkada sendiri ada di DPP, ialah dengan tanda tangan ketua umum dan sekretaris jenderal.

Ida melanjutkan UKK merupakan sistem di partainya nan selama ini sudah melangkah untuk pilkada.

"Nanti pasti bakal mengikuti sistem nan selama ini sudah berjalan. DPW mengusulkan kepada DPP, sama seperti pilkada nan lain, prosesnya tetap saja mengikuti jika kami UKK, ujian kepantasan dan kepatutan. Aspirasi dari DKI pasti bakal dibawa ke DPP," kata Ida di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (17/6).

Sementara saat disinggung soal kesempatan dirinya menjadi pendamping Anies di Pilkada Jakarta, Ida mengaku belum ada pembahasan mengenai perihal itu.

Nama Ida sebelumnya sempat disebut sebagai salah satu kader nan disiapkan PKB untuk Pilkada Jakarta.

"Kita belum membicarakan sampai situ, prosesnya dari DKI dibawa ke DPP," ujar dia.

Terkait deklarasi dari DPW PKB Jakarta ini, Anies, ditemui di Kantor DPW PKB, Jakarta, Kamis (13/6), mengaku "dengan rasa hormat, terima kasih menerima amanah nan diembankan kepada kami."

Baginya, PKB Jakarta menjadi nan pertama mendobrak untuk memulai perjuangan di Pilkada DKI Jakarta.

"Mudah-mudahan bakal banyak lagi nan berasosiasi bersama. Diperlukan keberanian, keteguhan dan ketulusan dan keikhlasan. Itulah nan menyalakan semangat dari pak Haji Hasbiallah teman-teman ketua DKI. Bahwa ini perjuangan," tambahnya.

Ia juga mengatakan sempat bekerja sama dengan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar selama satu tahun belakangan di Pilpres 2024 sebagai pasangan capres-cawapres.

(yoa/arh)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional