DPR Tegaskan Pansus Haji Tidak Akan Bekerja pada Masa Reses

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menegaskan Panitia Khusus namalain Pansus Haji DPR tidak bakal bekerja selama masa reses DPR saat ini. Dasco menyebut Pansus Haji akan bergerak pada masa sidang nan bakal datang.

"Pansus haji itu kan memang pada waktu Rapim dan Bamus kita sudah putuskan bakal jalan di masa sidang bakal datang. Nah, sehingga kemarin lantaran sudah keburu reses, itu belum berjalan," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (29/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dasco nan juga ketua harian Gerindra itu mengakui sempat ada wacana agar Pansus Haji tetap melangkah meski DPR telah memasuki masa reses.

Kendati demikian, Dasco menegaskan Pansus Haji kudu bekerja berasas kesepakatan nan telah diambil dalam Bamus dan Rapim.

"Tapi kemarin kita ada nan ingatkan bahwa hasil rapim dan bamus bahwa pansus itu kudu melangkah di saat sidang depan, sehingga jika kemarin ini, menyalahi aturan," ujar dia.

Lebih lanjut, Dasco menyebut tidak ada wacana Pansus Haji bakal dijalankan di masa reses. Ia menegaskan DPR bakal tegak lurus atas hasil keputusan rapat.

"Sementara tidak ada, lantaran hasil Rapim dan Bamusnya kan kudu diubah itu, di masa sidang aktif," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR sekaligus Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) telah memberikan disposisi kepada Pansus Haji agar bekerja di masa reses saat ini.

"Iya, pasti. Saya sudah mendisposisi untuk segera bekerja dalam masa reses ini," kata Cak Imin di sela-sela Mukernas PKB di JCC, Jakarta, Selasa (23/7).

Pansus Haji dibentuk untuk menyelidiki sejumlah persoalan dalam penyelenggaraan haji 2024. Salah satunya, mengenai dugaan korupsi jual beli kuota haji.

Sementara itu Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya sempat mengendus kepentingan pribadi di kembali Pansus penyelenggaraan Haji 2024.

Gus Yahya merasa berprasangka salah satu tujuan pansus itu untuk menyerang PBNU, lantaran Kementerian Agama saat ini dipimpin adiknya, Yaqut Cholil Qoumas.

"Soal pansus haji ya. Nah, ini nan kemudian menimbulkan pertanyaan kepada kita pansus haji kemudian nyerang NU, jangan-jangan ini masalah pribadi. Jangan-jangan gitu loh. Jangan-jangan gara-gara menterinya adik saya," kata Gus Yahya dalam bertemu pers usai Rapat Pleno PBNU di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Minggu (28/7).

(mab/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional