DPRD DKI Ungkap Kendala Pembangunan SJUT di Jakarta

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Neneng Hasanah mengungkapkan sejumlah hambatan pembangunan Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT) di Jakarta.

Neneng mengatakan Jakarta semestinya mempercepat pembangunan SJUT dalam rangka mendukung estetika kota agar lebih indah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menambahkan, Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP) berbareng Dinas Bina Marga DKI Jakarta bertanggung jawab merampungkan kabel semrawut sepanjang 109 kilometer pada 2025.

Selain memperindah estetika, penurunan kabel ke bawah tanah juga dibutuhkan sebagai aspek keselamatan pejalan kaki di jalur pedestrian.

Tak dipungkiri, kata dia, terdapat beberapa hambatan saat proses pembangunan SJUT di beberapa titik. Salah satunya ialah tidak maksimalnya proses pengerjaan. Hal itu dipengaruhi kepadatan aktivitas masyarakat saat jam sibuk kerja.

"Selama ini memang ada kendala, ada saluran pipa di bawah akhirnya tumbukan dengan Dinas Bina Marga. Ini kudu segera diatasi agar SJUT rampung tepat waktu," kata Neneng dalam keterangannya, Selasa (4/6).

Selain itu, aktivitas penataan SJUT berupa penurunan kabel kerap berantem dengan agenda perbaikan pipa bocor milik PAM JAYA.

Oleh lantaran itu, Neneng mengimbau agar PT JIP dan Dinas Bina Marga DKI Jakarta bersinergi dengan sejumlah lembaga terkait, seperti PT PLN, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero), Perumda PAM Jaya, hingga pihak swasta lainnya untuk mengatur proses pemasangan jalur pipa.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta perlu mempertimbangkan akibat nan ditimbulkan dari pembangunan SJUT. Seperti kemacetan akibat penyempitan jalan imbas penurunan kabel udara.

"Macet itu bisa diminimalisir dengan gimana ritme kerja mereka untuk membangun Jakarta. Bisalah mereka cari solusi minimal mengurangi kemacetan," ucap Neneng.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Jakarta Infrastruktur Propertindo Ivan Cahya Permana optimistis sasaran 109 kilometer SJUT pada 2025 dapat tercapai.

Kini, PT Jakarta Infrastruktur Propertindo sedang menunggu publikasi keputusan gubernur (Kepgub) baru untuk dapat memulai pembangunan SJUT.

Sejauh ini, jumlah operator nan sudah masuk ke dalam SJUT fase I nan dikelola oleh JIP, secara keseluruhan sudah mencapai 25 km, pada 10 ruas jalan di wilayah Jakarta Selatan.

Masing-masing di ruas Jalan Mampang Prapatan, Jalan Kapten Tendean, Jalan Wolter Monginsidi, Jalan Senopati, Jalan Suryo, Jalan Cikajang, Jalan Gunawarman, Jalan Pattimura, Jalan Trunojoyo, dan Jalan Sultan Hasanuddin dengan progres mencapai 74,34 persen.

(lna/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional