Duet Kader PDIP Eri-Armuji Daftar Pilkada Surabaya, Diusung 18 Partai

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

Duet kader PDIP yang juga petahana Eri Cahyadi-Armuji resmi mendaftar sebagai pasangan calon peserta Pilkada Surabaya 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (28/8).

Eri Armuji diusung 18 partai politik, termasuk para parpol nan identik dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Pilpres 2024 lalu.

Berdasarkan pantauan, Eri-Armuji diantar ribuan massa pendukung, relawan, dan pengurus parpol menuju KPU Surabaya pada Rabu siang ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Eri-Armuji terpantau naik becak diarah pendukungnya ke instansi penyelenggara pemilu itu.

"Saya dan wakil saya Pak Armuji, mendaftarkan ke KPU Surabaya hari ini. Saya terima kasih kepada partai politik nan ikut mengantarkan kami," kata Eri di KPU Surabaya.

Pada kesempatan itu, Eri sempat meminta maaf kepada masyarakat Surabaya lantaran kerumunan massa nan mengantarkannya menimbulkan kemacetan. Menurutnya, ribuan orang itu merupakan bukti support atas keseriusan membangun Surabaya.

"Saya juga terima kasih untuk semua relawan, para ketua dan sekretaris partai pendukung. Semoga semuanya bisa guyub rukun dan gorong royong untuk perkembangan Surabaya," ujarnya.

"Saya sampaikan, minta maaf jika ada huru hara, keramaian di depan Kantor KPU Surabaya. Ini merupakan corak cinta kami, dan partai politik nan ikut membangun Surabaya," imbuh Eri.

Koalisi besar pengusung Eri-Armuji

Diketahui total ada 18 partai nan resmi mengusung Eri-Armuji. Koalisi besar pendukung Eri-Armuji itu adalah PDIP, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PPP, Gerindra, Golkar, NasDem, dan PSI.

Kemudian partai nonparlemen juga sudah menentukan sikap dukung pasangan tersebut ialah Perindo, Garuda, Ummat, PBB, Gelora, Partai Buruh, Hanura, dan PKN.

Ketua KPU Surabaya Soeprayitno alias Nano mengatakan pada hari kedua tahapan pendaftaran bakal Cawali dan Cawawali Surabaya pihaknya menerima pendaftaran dari Eri-Armuji nan diusung 18 partai.

"Hari kedua pendaftaran seperti nan teman-teman ketahui bahwasanya untuk bapaslon wali kota dan wakil wali kota nan hari ini mendaftar adalah diusulkan dan didukung oleh 18 partai politik se-Surabaya," kata Nano di instansi KPU.

Nano mengatakan, KPU Kota Surabaya telah memberikan tanda terima, merujuk dari hasil pengecekan arsip syarat pencalonan. Seluruh berkas dinyatakan komplit dan benar, dari situ kita berikan tanda terima.

"Nah pascapendaftaran hari ini, kita bersiap memasuki tahapan berikutnya, ialah penelitian manajemen atas syarat bakal pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya," katanya.

(frd/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional