Ekonom Prediksi The Fed Bakal Pangkas Suku Bunga 50 Bps pada September dan Oktober 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Citi Indonesia (Citibank) memperkirakan Bank Sentral AS ialah Federal Reserve alias The Fed bakal memangkas suku bunga referensi sebesar 50 pedoman poin pada September 2024. Chief Economist Citibank, Helmi Arman, menyebut siklus penurunan suku kembang The Fed sudah semakin dekat. Proyeksi ini merujuk pada tren data-data ekonomi AS beberapa pekan belakangan ini.

"Kalau dilihat tren-tren info AS dalam beberapa minggu terakhir ini, semakin menunjukkan bahwa sektor manufaktur di sana semakin lemah. Tekanan inflasi semakin turun, walaupun belum mencapai 2 persen inflasinya," katanya di Hotel Park Hyatt, Jakarta Pusat pada Kamis, 15 Agustus 2024. 

Kemudian, ditambah pula dengan tingkat pengangguran di AS nan dianggap sebagai parameter utama untuk memandang tekanan inflasi ke depan. Dengan demikian, Citibank memandang kemungkinan terjadinya soft landing di AS semakin kecil. "Pandangan kami, ekonomi AS semakin mengarah ke resesi," kata Helmi.

Melihat kondisi tersebut, Citibank memprediksi suku kembang The Fed bakal bergerak turun dengan sigap di awal siklus penurunannya. Menurut kajian Citibank, kesempatan pemangkasan suku kembang The Fed tahun ini bakal terjadi dua kali. 

Iklan

"Kami perkirakan di bulan September ini 50 pedoman poin turun suku kembang The Fed, diikuti 50 pedoman poin lagi di Oktober. Setelah itu, diikuti dengan penurunan 25 pedoman poin pada setiap pertemuan. Sehingga di pertengahan tahun 2025, suku kembang Federal Funds Rate mencapai 3,25 persen," tutur Helmi.

Dia melanjutkan, pasar finansial dunia juga sudah merefleksikan ekspektasi penurunan suku kembang The Fed sedikit banyak tecermin pada imbal hasil treasury AS nan mengalami penurunan selama beberapa minggu terakhir. Selain itu, juga tecermin pada penurunan indeks dolar alias DXY. "Seperti nan kita lihat sekarang, DXY sudah berada di kisaran 102. Kita bandingkan dengan posisi awal Juli, sekitar 105," kata Helmi.

Pilihan Editor: Ekonom Ini Prediksi BI Rate Bakal Dipangkas 25 Basis Poin pada September

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis