Eks Gubernur Maluku Utara Bantah Habiskan Rp3 M untuk Main Wanita

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 26 Jul 2024 18:54 WIB

Mantan Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba mengatakan tak pernah meminta mengumpulkan duit untuk berdua dengan wanita di hotel. Mantan Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba membantah menghabiskan Rp3 miliar untuk ngamar dengan sejumlah wanita. (ANTARA FOTO/RENO ESNIR)

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba membantah menghabiskan Rp3 miliar untuk ngamar dengan sejumlah wanita. Ia mengatakan tak pernah meminta mengumpulkan duit untuk berdua dengan wanita di hotel.

"Saya menganggap mereka merupakan anak-anak saya dan tidak betul telah mengumpulkan duit untuk perempuan," kata Abdul Gani dalam sidang kasus gratifikasi di Pengadilan Ternate seperti dilansir Antara, Jumat (26/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sidang tersebut digelar majelis pengadil nan diketuai Rommel Franciskus Tampubolon didampingi empat pengadil anggota, masing-masing Haryanta, Kadar Nooh, Moh Yakob Widodo, dan Samhadi. Sidang digelar pada Rabu (24/7).

Abdul Gani juga membantah saat jaksa penuntut umum pada KPK menunjukkan bukti 130 transaksi senilai Rp3 miliar. Bukti transaksi itu disebut jaksa menunjukkan transfer untuk wanita melalui saksi personil DPRD Halmahera Selatan Eliya Gabrina Bachmid sesuai pengarahan Abdul Gani.

Uang nan diberikan kepada wanita mulai dari Rp10 juta hingga Rp50 juta. Abdul Gani mengatakan bukti-bukti transaksi nan disampaikan jaksa kudu diteliti lantaran ada angka-angka nan ganda.

Dalam sidang itu, jaksa juga menghadirkan saksi Eliya Gabrina Bachmid. Eliya tetap pada keterangannya soal perintah dari Abdul Gani untuk membawakan wanita ke hotel dan bayar wanita itu setelah ngamar dengan Abdul Gani.

Jaksa KPK kemudian menunjukkan bukti dari saksi Eliya Gabrina Bachmid melakukan transaksi di empat rekening dan satu di antaranya berjumlah Sing$5.000 serta terdapat duit di rekening senilai Rp6 miliar.

Dalam sidang nan digelar pada Kamis (18/7), Eliya mengaku menjadi penghubung dan dimintai support oleh Abdul Gani Kasuba untuk membawakan wanita.

Eliya, nan juga personil DPRD Kabupaten Halmahera Selatan, mengaku mengantar dan menemani wanita nan jumlahnya sudah puluhan orang untuk berjumpa dengan Abdul Gani Kasuba di hotel.

Eliya mengaku meninggalkan wanita nan diantarnya berbareng Abdul Gani di dalam kamar. Menurutnya, Abdul Gani dan wanita itu menghabiskan waktu berdua selama 1-2 jam.

Eliya mengatakan Abdul Gani sering memintanya memberikan duit kepada wanita tersebut menggunakan duit pribadi. Selanjutnya, duit itu diganti oleh Abdul Gani.

Nilai duit nan diberikan itu mulai Rp10 juta hingga Rp50 juta untuk wanita nan menemani Abdul Gani di hotel. Eliya mengaku total duit nan dikeluarkan hanya untuk bayar wanita nilainya mencapai Rp 3 miliar.

Baca buletin selengkapnya di sini.

(tim/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional