FX Rudy: 20 Daftar Pilwalkot Solo, Harus Siap Dukung Jika Tak Lolos

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

syd | CNN Indonesia

Sabtu, 01 Jun 2024 23:19 WIB

FX Rudi mengatakan 20 orang telah mendaftar ke DPC PDIP Solo untuk mengikuti Pilwalkot Solo 2024 mendatang. FX Rudi mengatakan 20 orang telah mendaftar ke DPC PDIP Solo untuk mengikuti Pilwalkot Solo 2024 mendatang. (CNN Indonesia/ Rosyid)

Solo, CNN Indonesia --

Sebanyak 20 orang telah mendaftar ke DPC PDIP Solo untuk mengikuti Pilwalkot Solo 2024 mendatang. Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo mengklaim mereka berkomitmen jadi tim pemenangan jika tidak mendapat rekomendasi dari DPP PDIP.

Rudy, sapaan akrabnya, mengatakan 20 pendaftar tersebut diundang untuk menjelaskan sistem pencalonan kepala wilayah di PDIP pada pertemuan tertutup di sebuah restoran di Solo, Kamis (28/5) kemarin.

"Kemarin sudah kami sampaikan kepada 20 calon, rekomendasinya keluarnya hanya dua. Satu wali kota, satu wakil wali kota," kata Rudy usai upacara Hari Lahir Pancasila di Taman Sunan Jogo Kali, Solo, Sabtu (1/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rudy menjelaskan kepada pendaftar bahwa DPC PDIP Solo hanya menerima pendaftaran bakal calon wali kota-wakil wali kota Solo dari partainya.

"DPP nan menentukan," katanya.

Pada kesempatan itu juga, semua pendaftar ditanya komitmen mereka terhadap partai. Khususnya selama Pilkada 2024 mendatang.

"Yang tidak mendapat rekomendasi kelak bagaimana? Apakah mau ngrecoki? Nek ngrecoki ya gelut saiki wae (kalau mau merecoki, berantem sekarang saja)," kata Rudy.

Menurut Rudy, semua tetap berkomitmen mendukung PDIP jika tidak mendapatkan rekomendasi dari DPP.

"Kemarin mereka sepakat untuk menjadi tim pemenangan," katanya.

Proses penjaringan bakal calon wali kota - wakil wali kota Solo sendiri tetap berjalan di DPC PDIP. Semua pendaftar diwajibkan mengikuti Umbul Donga (doa bersama) Hari Lahir Pancasila di Kantor DPC PDIP, Jumat (31/5) kemarin malam.

Mereka juga dihadirkan saat upacara Hari Lahir Pancasila di Taman Sunan Jogo Kali nan berada beberapa puluh meter dari Kantor DPC PDIP.

Jadi kemarin sepakat dalam pertemuan dengan bakal calon dan DPC kami sampaikan bahwa tugas dPC hanya menerima pendaftaran, DPP nan menentukan. Dan rekomendasi kelak keluarnya hanya wali kota dan wakil wali kota.

"Besok tanggal 3 Juni temen-temen bakal calon nan totalnya 20 saya minta untuk memberikan gagasannya, menyampaikan pendapat untuk Kota Solo di hadapan kurang lebih 1.500 kader partai dan tokoh masyarakat," kata Rudy.

(vws)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional