Garuda Indonesia Kirim Kloter Pertama Jemaah Haji, 4.232 Orang Akan Diterbangkan ke Tanah Suci

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. memberangkatkan para calon jemaah haji ke Tanah Suci pada hari ini, Ahad, 12 Mei 2024. Mereka direncanakan tiba di Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdulaziz pada pukul 07.00 LT. 

Pada kloter pertama, maskapai penerbangan nasional itu mengangkut sekitar 393 calon jemaah dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta. Awal penyelenggaraan Fase Pemberangkatan Haji 1445H/2024M itu ditandai dengan penerbangan GA-7301.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan momentum penerbangan haji mempunyai makna unik sebagai national flag carrier, mengingat Indonesia sebagai salah satu negara dengan umat muslim terbesar di dunia. Mereka berambisi dapat memberi akomodasi nan kondusif dan nyaman.

Garuda Indonesia, kata Irfan, mengoptimalkan kesiapan pelayanan terbaik bagi seluruh jemaah haji melalui optimasi excellence di beragam aspek nan mencakup seluruh touch point jasa penerbangan, sejak hari pertama keberangkatan jemaah menuju Tanah Suci. "Sehingga rombongan terakhir jemaah haji tiba kembali di Tanah Air," kata dia melalui keterangan tertulis pada Ahad, 12 Mei 2024.

Adapun pemberangkatan kedua calon jemaah Haji bakal dilaksanakan melalui Kloter I Banjarmasin dari Bandara Internasional Syamsuddin Noor pada pukul 08.40 WITA dan dijadwalkan tiba di Madinah pada pukul 16.40 LT.

Garuda Indonesia memproyeksikan penerbangan sedikitnya 4232 jemaah Haji asal Indonesia dalam 11 golongan terbang alias kloter. Kelompok itu berasal dari 6 embarkasi, ialah dari Jakarta (2 kloter), Banjarmasin (1 kloter), Lombok (1 kloter), Solo (4 kloter), Makassar (2 kloter) dan Padang (1 kloter).

Iklan

Pada musim Haji 1445H/2024M, Garuda Indonesia bakal mengangkut total 109.072 calon jemaah nan terbagi ke dalam 292 kloter. Para calon jemaah tersebut bakal diberangkatkan dari 9 embarkasi, ialah Banda Aceh, Medan, Padang, Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok. 

Para calon jemaah haji tersebut bakal diberangkatkan secara berjenjang menuju Tanah Suci mulai 12 Mei-10 Juni 2024, dengan keberangkatan menuju Madinah pada 12-23 Mei 2024. Lalu keberangkatan menuju Jeddah pada 24 Mei-10 Juni 2024. Selanjutnya, fase pemulangan jamaah bakal dimulai pada 22 Juni-21 Juli 2024.

Irfan berujar persiapan telah dilakukan sejak hari pertama keberangkatan. Salah satunya dengan Aircraft Health Program, ialah penyehatan pesawat melalui beragam prosedur perawatan secara menyeluruh dan berlapis pada armada nan bakal melayani penerbangan haji.

Selain itu, Garuda berfokus pada penerbangan haji ramah lansia. Seperti menyediakan selimut dan emergency equipment, optimasi boarding management, hingga kesiapan 30 bangku roda di setiap embarkasi. Penambahan petugas darat juga dilakukan hingga 10 persen dari jumlah petugas pada tahun sebelumnya.

Pilihan Editor: Hari ini, Kloter 1 dan 2 Calon Jemaah Haji Diberangkatkan dari Bandara Soekarno Hatta

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis