Gelar DKJ 2024, Pemprov DKI Beri Apresiasi Program CSR Terbaik

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bakal menyelenggarakan Derap Kerja Sama Jakarta 2024 sebagai bentuk apresiasi terhadap beragam perusahaan nan beroperasi di area Jakarta nan menggelar program corporate social responsibility (CSR).

Kepala Biro Kerja Sama Daerah Setda DKI Jakarta, Marulina Dewi mengungkapkan, DKJ 2024 merupakan bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-497, nan sekaligus menjadi tahun pertama penyelenggaraan arena apresiasi.

"Selama ini banyak sekali program CSR nan mungkin belum ter-cover, belum terdaftar, belum terlihat. Untuk itu, inilah dasar kami menyiapkan satu sesi bagi teman-teman di badan upaya nan telah banyak berkontribusi untuk Pemprov DKI Jakarta melalui program-program (CSR)," kata Marulina Dewi di Jakarta, baru-baru ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

DKJ 2024 diharapkan dapat menjadi wadah bagi badan upaya untuk mengekspos program CSR nan dimiliki, sehingga program tersebut dapat berkepanjangan dan memberi lebih banyak faedah bagi masyarakat.

Adapun tiga kategori pada DKJ 2024 adalah kategori kesehatan, lingkungan hidup, dan pemberdayaan masyarakat nan meliputi pendidikan, UMKM, peduli sosial, religi, olahraga, dan budaya.

Marulina Dewi mencontohkan, pada kategori lingkungan, program nan bisa serta dalam DKJ 2024 adalah seperti cleaner production, konservasi daya dan sumber daya alam, ataupun pengelolaan sampah melalui 3R (reduce, reuse, recycle).

Pada kategori kesehatan, contoh program nan bisa mendapatkan penilaian DKJ 2024 misalnya program Posyandu Sehati, penanganan stunting, hingga program bank sampah.

"Dan nan terakhir adalah bagian pemberdayaan masyarakat, ini misalnya program penghijauan kota seperti penanaman pohon, lampau training mengenai pengembangan kewirausahaan, kemudian pemuatan lahan dalam rangka penataan kawasan. Tidak sekadar nan saya sebut, mungkin bakal ada banyak program nan di luar dugaan kita," tutur Marulina Dewi.

Indikator Penilaian dan Dewan Juri DKJ 2024

Ajang DKJ 2024 mempunyai tiga parameter pemenang. Pertama adalah keberlanjutan alias sustainability termasuk konsistensi dan pengembangan program.

Kedua, penemuan dan kreasi. Dan ketiga, akibat dan evaluasi, mengenai cakupan masyarakat nan memperoleh manfaat, besar keahlian program memecahkan persoalan, hingga derajat peningkatan kualitas hidup dari sasaran CSR.

Program-program CSR nan disertakan dalam DKJ 2024 bakal dipilah dan dinilai oleh Dewan Juri nan dipastikan berkompeten di bagian masing-masing.

Dewan Juri DKJ 2024 dipimpin oleh Sri Haryati (Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Pemprov DKI), dengan personil mencakup Arie Sujito (Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada), Siti Nadia Tarmizi (Kabiro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI).

Kemudian, Ani Ruspitawati (Kadinkes Pemprov DKI), Sudharto P. Adi (Pakar Manajemen Lingkungan dan Rektor Universitas Diponegoro 2010-2015), serta Marulina Dewi (Kabiro Kerja Sama Daerah Pemprov DKI).

"Jurinya itu betul-betul kita kurasi. Kita mau selama penjurian juga ada faedah buat teman-teman badan usaha, yayasan, lembaga nan dinilai, ialah pembelajaran, tips-tips nan bakal dikeluarkan oleh para juri," ujar Marulina Dewi.

Menurut Marulina Dewi, sesi penjurian ini dapat menjadi inspirasi bagi para badan upaya dalam menjalankan program CSR ke depannya.

Persyaratan DKJ 2024

Badan usaha, lembaga, serta yayasan nan mau ikut serta dalam DKJ 2024 diharuskan memenuhi kriteria seperti berikut:

  • Memiliki program CSR nan telah melangkah setidaknya selama tiga tahun (2022-2024).
  • Terafiliasi dengan Pemerintah Daerah Khusus Jakarta alias swasta, serta organisasi dan perusahaan.
  • Melakukan registrasi alias pendaftaran

Lebih jauh, Marulina Dewi mengingatkan para peserta DKJ 2024 untuk menyertakan profil upaya dan profil program dalam pendaftaran.

"Siapkan profil programnya, kayak semacam proposal. Isinya ada kerangka referensi kerja, apa nan sudah dilakukan, dampak, dan juga dokumentasinya," ujarnya.

Marulina Dewi menambahkan, seluruh nominator DKJ 2024 nantinya bakal mendapatkan sertifikat dari Pemprov DKI.

"Jadi semua nan masuk nominasi ini kelak bakal diundang dan berjumpa dengan Dewan Juri lengkap, dan melakukan paparan di Hotel Borobudur," kata Marulina Dewi.

Timeline Pendaftaran dan Penjurian DKJ 2024

10 April-30 Mei: Pendaftaran aktivitas CSR melalui microsite

30 Mei: Klasifikasi pendaftaran per kategori

5 Juni: Paparan kepada Dewan Juri

6 Juni: Penetapan nominasi

10 Juni: Verifikasi dan observasi lapangan

11 Juni: Finalisasi penjurian

14 Juni: Penetapan finalis

22 Juni: Pemberian penghargaan DKJ 2024 oleh Gubernur DKI Jakarta.

(rea/inh)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional