Gempa Guncang Bandung-Garut: Ratusan Rumah Rusak, Warga Mengungsi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 18 Sep 2024 16:14 WIB

Gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 5.0 nan terjadi di Kabupaten Bandung berakibat pada puluhan penduduk luka hingga ratusan mengungsi. Dampak gempa bumi di Bandung hingga Garut. (Dok. BNPB)

Bandung, CNN Indonesia --

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat (Jabar) mengumumkan akibat gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 5.0 yang terjadi di Kabupaten Bandung, Rabu (18/9) pagi.

Kasi Kedaruratan Pusdalops BPBD Provinsi Jabar, Hadi mengatakan gempa bumi nan terjadi Bandung nan berakibat hingga Kabupaten Garut itu berakibat pada 11 desa, puluhan korban luka hingga ratusan penduduk mengungsi.

"Kabupaten Bandung ada 58 orang luka ringan, 23 luka berat dan 450 orang mengungsi. Untuk di Kabupaten Garut, hanya satu orang mengalami luka ringan," kata Hadi kepada wartawan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara itu, di Kabupaten Bandung gempa merusak 491 rumah, lima unit kesehatan, sembilan sarana pendidikan, 27 tempat ibadah dan 18 akomodasi umum.

"Kalau gempa di Garut, terdapat 209 rumah, 7 sarana pendidikan dan lima tempat ibadah yang mengalami kerusakan," kata Hadi.

Hadi mengatakan akibat gempa bumi tetap dalam pemantauan. Kerusakan dan korban juga tetap dalam pendataan.

Sebelumnya, gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5.0, terjadi di wilayah Kabupaten Bandung, pada Rabu (18/9) pada pukul 09.41 WIB.

Gempa itu itu terjadi di darat dengan kedalaman 10 Km. Gempa dilaporkan terasa di beberapa wilayah seperti Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung Barat.

"Gempa dirasakan (durasi) 3-5 detik. Masyarakat panik dan sempat keluar rumah," ungkap Kasi Kedaruratan Pusdalops BPBD Provinsi Jabar, Hadi, dalam pesan singkatnya.

(csr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional