Gibran Hadiri Seremoni Penutupan HUT Dewan Kerajinan Nasional: UMKM Dilibatkan, Ada Ojol sampai Perias

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Solo - Wali Kota Solo sekaligus Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menghadiri aktivitas penutupan rangkaian puncak HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) nan digelar di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam, 18 Mei 2024. Gibran mendampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian nan turut datang dalam aktivitas itu.

Gibran memberikan apresiasi terhadap suksesnya penyelenggaraan aktivitas HUT Dekranas di Kota Bengawan tersebut. Dia menyinggung tentang besarnya perputaran duit selama aktivitas itu berjalan 4 hari, 15-18 Mei ini. 

“Cukup baik dan ramai. Perputaran uangnya juga luar biasa, terutama nan ada di booth-booth pameran. Keterlibatan penduduk dalam pawai mobil hias juga luar biasa dan bagus,” ujar Gibran saat ditemui usai menghadiri aktivitas penutupan HUT Dekranas itu. 

Putra sulung Presiden Joko Widodo alias Jokowi itu mengungkapkan dengan disenggarakannya aktivitas tersebut berakibat terhadap perekonomian masyarakat. Dampak itu di antaranya, terhadap keterisian bilik hotel. Kegiatan itu juga melibatkan para pelaku UMKM dari beragam jenis usaha.

“Hotelnya ramai, UMKM terlibat semua, senimannya terlibat. Ojol (ojek online) dan perias laku semua,” kata Gibran.

Iklan

Dari gelaran Dekranas Expo 2024 selama 4 hari, 15-18 Mei 2024, tercatat nilai transaksi menembus nomor Rp 4,3 miliar. 

"Berdasarkan info nan dihimpun, total ada lebih dari 13 ribu visitor (Dekranas Expo 2024) dengan nilai transaksi mencapai Rp 4,3 miliar dalam 4 hari penyelenggaraan pameran UMKM tersebut," ujar Loemongga Agus Gumiwang, Ketua Panitia Peringatan HUT ke-44 Dekranas, saat seremoni penutupan aktivitas di Pura Mangkunegaran Solo, Sabtu malam. 

Pilihan Editor: Resmikan Penggunaan Starlink untuk Puskesmas Terpencil, Elon Musk Enggan Bicara Soal Tesla

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis