Golkar Gelar Munaslub Sepekan Jelang Pendaftaran Pilkada 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 14 Agu 2024 10:35 WIB

Golkar bakal menggelar munaslub untuk memilih ketua umum definitif pada 20 Agustus 2024. Sepekan sebelum pendaftaran Pilkada 2024. Golkar bakal menggelar munaslub untuk memilih ketua umum definitif pada 20 Agustus 2024. Sepekan sebelum pendaftaran Pilkada 2024. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Golkar memutuskan musyawarah nasional luar biasa (munaslub) untuk memilih ketua umum definitif bakal digelar pada 20 Agustus 2024. Agenda munaslub bakal didahului dengan rapat ketua nasional (rapimnas).

"(Tanggal) 20 Agustus kami rencanakan pembukaan rapimnas di pagi hari, kemudian malam harinya kami rencanakan agenda pembukaan Munas ke-11 Partai Golkar nan juga disepakati dan diputuskan bakal digelar di Jakarta," kata Plt Ketua Umum Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita usai rapat pleno Golkar di Jakarta, Selasa (13/8) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun agenda rapimnas dan munaslub Golkar pada 20 Agustus itu tepat tujuh hari sebelum KPU membuka masa pendaftaran pasangan calon kepala wilayah Pilkada 2024. Pendaftaran dibuka pada 27-29 Agustus 2024.

Agenda munaslub digelar setelah Airlangga Hartarto secara tiba-tiba menyatakan mundur dari kedudukan Ketua Umum Golkar. Airlangga terhitung mengundurkan diri sejak Sabtu (10/8), tetapi video pengunduran dirinya baru disebarkan pada Minggu (11/8).

Lewat rapat pleno pada kemarin malam, Agus Gumiwang terpilih jadi Plt Ketum Golkar. Ia bakal bekerja hingga ditetapkannya ketua umum definitif. Agus telah menyatakan tak bakal ikut dalam pemilihan Ketua Umum Golkar.

Bertalian dengan itu, saat ini sudah ada sejumlah nama nan muncul sebagai kandidat kuat Ketua Umum Golkar pengganti Airlangga. Beberapa di antaranya ialah Bahlil Lahadalia dan Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Bahlil merupakan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal. Sementara itu, Bamsoet saat ini duduk sebagai Ketua MPR RI.

(mab/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional