Gunung Ibu Erupsi 2 Kali, Semburkan Abu Vulkanik hingga 2 Km

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 30 Jun 2024 04:05 WIB

Gunung Api Ibu di Halmahera, Maluku Utara, erupsi sebanyak dua kali pada Sabtu (29/6) malam. Gunung Api Ibu di Halmahera, Maluku Utara, erupsi sebanyak dua kali pada Sabtu (29/6) malam. (ANTARA FOTO/ANDRI SAPUTRA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Gunung Api Ibu di Halmahera, Maluku Utara, erupsi sebanyak dua kali pada Sabtu (29/6) malam. Erupsi itu mempunyai tinggi kolom abu kurang lebih 1.200 dan 2.000 meter di atas puncak.

Dilansir Antara, rupsi Gunung Api Ibu itu terjadi pada pukul 21.30 WIT dan 23.07 WIT.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM menyebut erupsi pertama berdurasi sekitar 3 menit 19 detik nan terekam di seismograf. Adapun amplitudo maksimum 28 mm.

Sementara, erupsi kedua mempunyai lama nan lebih cepat, ialah 2 menit 40 detik. Erupsi ini terekam di perangkat seismograf dengan amplitudo maksimum 28 mm.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu, Gradita Trihadi, mengatakan kedua erupsi itu menciptakan awal abu vulkanik berwarna kelabu. Abu vulkanik itu mempunyai intensitas tebal condong ke arah barat laut.

Hingga buletin ini dipublikasikan, Gunung Api Ibu tetap berstatus Siaga alias Level III.

[Gambas:Video CNN]

PVMBG meminta penduduk untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius empat kilometer dan ekspansi sektoral berjarak lima kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah Gunung Ibu.

Selain itu, masyarakat juga diwanti-wanti mengenai hujan abu usai erupsi tersebut. Masyarakat diminta untuk menggunakan masker dan kacamata ketika beraktivitas di luar.

(pra)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional