Gunung Lewotobi Laki-laki NTT Erupsi 10 Menit pada Sabtu Sore

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 29 Jun 2024 15:55 WIB

Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur NTT kembali mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu lebih kurang 900 meter di atas puncak. Sejumlah penduduk bersiap mengungsi saat Gunung Lewotobi Laki-laki mengeluarkan abu vulkanik di Desa Nobo, Ile Bura, Flores Timur, NTT, Rabu (10/1/2024). (ANTARA FOTO/Mega Tokan)

Jakarta, CNN Indonesia --

Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur kembali mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu lebih kurang 900 meter di atas puncak gunung berapi aktif tersebut pada Sabtu (29/6) sore.

Dalam laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM menyampaikan bahwa selama lama lebih kurang 10 menit 14 detik tersebut perangkat seismograf pos pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki merekam erupsi dengan amplitudo maksimum 47.3 mm.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Letusan nan terjadi pada pukul 14.21 WITA itu menciptakan awan abu vulkanik berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya dan barat

Hingga saat ini Gunung Lewotobi Laki-laki tetap berstatus siaga alias level III.

Masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius tiga kilometer dari pusat erupsi, serta sektoral empat kilometer pada arah barat laut utara dan selatan-tenggara dari pusat erupsi.

Gunung Lewotobi nan mempunyai ketinggian 1.584 meter di atas permukaan laut tersebut adalah gunung berapi kembar nan terletak di bagian tenggara Pulau Flores.

Gunung itu terdiri atas dua puncak, ialah Gunung Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotobi Perempuan.

PVMBG memantau secara visual dan instrumental gunung dari pos pengamatan nan berlokasi di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

(Antara/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional