Habiburokhman di Depan Massa: Hari Ini Tak Ada Pengesahan RUU Pilkada

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 22 Agu 2024 13:30 WIB

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Habiburokhman memberikan pernyataan singkat ketika menemui massa tindakan di depan Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8). Anggota DPR Habiburokhman menemui massa tindakan Demo Darurat Indonesia di depan Gedung DPR. (CNN Indonesia/Taufiq Hidayatullah).

Jakarta, CNN Indonesia --

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Habiburokhman memberikan pernyataan singkat ketika menemui massa tindakan di depan Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8).

Dalam pernyataan singkat itu, dia menyatakan kepada massa tindakan bahwa tidak ada pengesahan RUU Pilkada dalam rapat paripurna DPR RI hari ini. Habiburokhman mengatakan pengesahan itu batal hari ini lantaran rapat tidak kuorum.

"Hari ini kami informasikan, kami menyampaikan info bahwa tidak ada pengesahan RUU Pilkada lantaran tadi rapat tidak kuorum. Tidak ada pengesahan RUU Pilkada," ujarnya di depan Gedung DPR/MPR, Kamis (22/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelah pernyataan itu, Habiburokhman segera meninggalkan atas mobil komando lantaran muncul penolakan massa aksi. Ia nan datang berbareng Wakil Ketua Baleg DPR RI Achmad Baidowi namalain Awiek juga sempat dilempari botol saat di atas mobil komando.

"Turun turun turun enggak tau malu," kata massa aksi.

Massa tindakan tak terima kehadiran Habib di tengah-tengah demonstrasi. Mereka terus melempar batu ke arah Habib. Polisi nan membawa tameng menangkis lemparan botol.

Hingga kemudian, Habib dan Awiek berbareng Ketua Partai Buruh Said Iqbal turun serta kembali masuk ke Gedung DPR.

Rapat Paripurna DPR RI batal mengesahkan RUU Pilkada menjadi Undang-Undang lantaran tidak memenuhi kuorum pada hari ini, Kamis (22/8).

Hanya 89 personil nan datang ke Rapat Paripurna nan beragenda tunggal pengesahan RUU Pilkada itu.

Pembatalan ini dilakukan di tengah gelombang protes besar dari rakyat Indonesia. Demo besar di sejumlah kota serempak digelar hari ini.

Aparat kepolisian telah berjaga di depan kompleks parlemen di Jakarta. Demo besar nan terpusat di DPR ini mengusung agenda menolak pengesahan Revisi UU Pilkada di depan Gedung DPR RI, Jakarta, hari ini.

Demo ini juga menjadi bagian dari aktivitas 'peringatan darurat Indonesia' nan viral di media sosial setelah manuver DPR mengabaikan putusan MK.

(frl/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional