Hadiri Sidang Tahunan MPR, Jokowi Kembali Minta Maaf kepada Rakyat

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menyampaikan permohonan maaf kepada rakyat Indonesia saat berpidato dalam sidang tahunan MPR RI dan sidang berbareng DPR-DPR RI di Gedung Parlemen Senayan. Ia menuturkan sepuluh tahun bukan waktu nan panjang untuk mengurai semua persoalan bangsa Indonesia.

Jokowi sangat menyadari bahwa dirinya merupakan pribadi nan jauh dari kata sempurna. Ia juga mengaku sebagai insan nan tumbuh dalam segala keterbatasan, dan sebagai manusia nan jauh dari kata istimewa. Menurutnya, sangat mungkin ada nan luput dari pandangannya selama memimpin selama dua dekade.

"Saya dan Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin mohon maaf. Mohon maaf untuk setiap hati nan mungkin kecewa, untuk setiap angan nan mungkin belum bisa terwujud, untuk setiap cita-cita nan mungkin belum bisa tergapai," tutur Jokowi, Jumat, 16 Agustus 2024.  "Sekali lagi, kami minta maaf."

Ia juga mengatakan apa nan sudah dilakukan merupakan perihal terbaik nan dia upayakan bagi rakyat, bagi bangsa dan negara Indonesia. Meskipun, dia menyadari, hasil kerja nan dia capai berbareng Ma'ruf Amin belum sepenuhnya tuntas mencapai hasil akhir. "Belum sepenuhnya sesuai dengan angan dan kemauan Bapak Ibu semua," kata eks Gubernur Jakarta itu.

Jokowi juga pernah menyampaikan permohonan maaf saat menyampaikan sambutannya dalam momen zikir kebangsaan di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis malam, 1 Agustus 2024. Acara ini merupakan rangkaian ‘Bulan Kemerdekaan’ HUT RI ke-79.

Iklan

"Saya dan Profesor Kiai Haji Ma'ruf Amin mau memohon maaf nan sedalam-dalamnya atas segala salah dan khilaf selama ini. Khususnya selama kami berdua menjalankan amanah sebagai presiden dan sebagai wakil presiden," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, bahwa selama menjabat sebagai Presiden, dia menyadari tidak bisa menyenangkan semua pihak. "Kami juga tidak mungkin dapat memenuhi angan semua pihak. Saya tidak sempurna, saya manusia biasa, kesempurnaan itu hanya milik Allah Swt," kata Jokowi nan naik ke tampuk kekuasaan sejak 2014.

Daniel A. Fajri berkontribusi dalam penulisan tulisan ini.

Pilihan Editor: SBY Tak Hadiri Sidang Tahunan MPR, Ibas: Syukuran di Pacitan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis