Hakim MK Respons KPU Hadir di Sidang Usai Kena Semprot: Viral Ya?

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 02 Mei 2024 18:15 WIB

KPU akhirnya datang di sidang usai kena semprot Hakim MK Arief Hidayat lantaran tidakhadir di sejumlah perkara sengketa Pileg 2024. Hakim MK sentil KPU lantaran kerap tak datang di sidang perkara Pileg 2024. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Jakarta, CNN Indonesia --

Perwakilan Komisi Pemilihan Umun (KPU) akhirnya datang di sidang usai sempat kena semprot Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat lantaran tidakhadir di sejumlah perkara sengketa pileg.

KPU datang pasca sidang maraton sengketa pileg di jarak rehat sekitar pukul 12.00 WIB. Perwakilan KPU dihadiri komisioner Idham Kholik.

"Oh, ini KPU udah datang ya. Iya tadi pagi kita tarik itu. Sekarang sudah viral itu ya, jika KPU saya marahi itu. Tolong untuk bisa diprioritaskan untuk datang di sini," ucap Arief merespons kehadiran KPU.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Arief menjelaskan kehadiran KPU dalam sidang krusial untuk jalannya sidang. Jika tak bisa dihadiri KPU pusat, kehadiran bisa diwakili oleh KPU tingkat provinsi alias kabupaten kota.

Sebab, lanjut Arief, tim kuasa norma kadang tidak bisa menjawab. Menurut dia, kehadiran KPU krusial untuk dimintai konfirmasi mengenai perkara gugatan.

"Karena kuasa norma jika kita tanya, juga belum anu, belum siap betul belum tahu persis. Jadi kadang-kadang kita bertiga meminta konfirmasi KPU alias Bawaslu pada awal. Meskipun kelak secara komplit termohon bakal bisa memberikan penjelasan nan lengkap," katanya.

Amarah Arief sebelumnya sempat meledak pagi sebelumnya saat memimpin sidang perkara 246 dengan pihak pemohon DPP PAN. Dia marah lantaran pihak prinsipal dari KPU tak ada satupun nan datang dalam sidang nan digelar di panel tiga tersebut.

Arief menyebut KPU terlihat tak serius menghadapi sidang gugatan MK, apalagi sejak sengketa pilpres sebelumnya.

"Ini KPU enggak serius gini gimana sih? Tolong disampaikan KPU kudu serius. Jadi sejak pilpres kemarin KPU enggak serius itu menanggapi persoalan-persoalan ini," kata Arief.

(thr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional