Hari ini, Kloter 1 dan 2 Calon Jemaah Haji Diberangkatkan dari Bandara Soekarno Hatta

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Tangerang - Bandara-bandara nan dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) mulai hari ini, Ahad, 12 Mei 2024, melayani keberangkatan calon jemaah haji ke tanah suci. 

Kloter pertama calon jamaah haji Indonesia Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG 01) diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul  01.00 WIB awal hari tadi.   

Selanjutnya, Kloter Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG 02) / Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS 02) dijadwalkan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pada 12 Mei sekitar pukul 04.25 WIB.  

"Penerbangan awal hari ini sekaligus menandakan dimulainya periode keberangkatan penerbangan haji 12 Mei - 10 Juni 2024 di bandara-bandara AP II," ujar Pejabat sementara SVP of Corporate Secretary AP II Cin Asmoro dalam keterangan tertulisnya.  

Cin mengatakan, AP II selaku operator airport telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder untuk memastikan kelancaran penerbangan haji. "Kami juga memohon support masyarakat agar bandara-bandara AP II dapat dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada para jemaah haji,” ujar Cin. 

Di Bandara Soekarno-Hatta, jemaah haji dalam memproses perjalanan dapat melalui akomodasi 12 konter fast track keimigrasian Arab Saudi (Makkah Route) nan disiapkan di Terminal 2D.

"Melalui Makkah Route, para jemaah haji dapat melakukan pendaftaran dan verifikasi arsip secara terpusat di Bandara Soekarno-Hatta, sehingga perihal tersebut bakal membantu dan mengurangi waktu nan diperlukan untuk proses manajemen jemaah haji," kata Cin. 

Iklan

Cin menyebutkan, beragam sarana akomodasi lainnya juga telah ditambahkan, seperti bangku pada ruang tunggu, penyediaan tempat ibadah (musala), hingga penambahan toilet portable. Dalam melayani penyelenggaraan haji tahun 2024, Bandara Soekarno-Hatta bakal mengerahkan total 3.296 personel guna kelancaran operasional selama keberangkatan dan kepulangan jemaah haji. 

Menurut Cin, Bandara Soekarno-Hatta menjadi tempat keberangkatan bagi 53.621 calon jemaah haji nan tergabung di dalam 128 kloter dari DKI Jakarta, Banten, Lampung dan Jabar di Embarkasi Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi. 

Selain Bandara Soekarno-Hatta, airport AP II lainnya nan melayani keberangkatan calon jemaah haji adalah Bandara Minangkabau (Padang) dengan 17 kloter), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) sebanyak 12 kloter, Bandara Kualanamu (Deli Serdang) sebanyak 25 kloter, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) dengan 19 kloter dan Bandara Kertajati (Majalengka) dengan 30 kloter.  

Cin memastikan seluruh akomodasi di airport nan melayani penerbangan haji dipastikan siap dalam melayani calon jemaah haji. “Seluruh akomodasi operasional dan pelayanan airport dipastikan siap untuk mendukung keberangkatan calon jemaah haji ke tanah suci. Koordinasi erat terus dilakukan dengan seluruh stakeholder,” katanya.

Pilihan Editor: Mulai Besok, Injourney Siapkan 13 Bandara untuk Angkutan Haji 2024

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis