Hasto: Kekuasaan Mengepung PDIP dan Pak Anies

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 30 Agu 2024 15:47 WIB

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan tak ada penolakan di internal partainya untuk mengusung Anies Baswedan di Pilkada serentak 2024. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan tak ada penolakan di internal partainya untuk mengusung Anies Baswedan di Pilkada serentak 2024. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto membantah ada penolakan di internal partainya agar tidak mengusung Anies Baswedan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Usai kandas diusung PDIP di Pilkada DKI, Anies nan sempat dirumorkan maju di Jawa Barat lewat PDIP rupanya tak berjodoh juga.

"Oh bukan. Bukan dari penolakan internal. Karena kesepahaman itu sudah dibangun apalagi 1,5 jam kami bicara pemikiran Bung Karno dan Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Hasto di instansi DPP PDIP, Jakarta, Jumat (30/8) awal hari.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meski tidak ada opsi maju di Jawa Barat, Hasto mengakui pihaknya sempat mau mengusung Anies di Jakarta. Dia menyebut ada upaya kombinasi tangan kekuasaan nan mau menjegal Anies maju, baik di DKI maupun Jabar.

Kata Hasto, mereka adalah pihak nan sama nan mau mengubah patokan main dalam konstitusi.

"Kekuasaan itulah nan konstitusi aja mau dilanggar. Itu lantaran memang upaya untuk mengepung PDIP dan Pak Anies, dan kekuasaan itu terus bekerja tidak pernah berhenti," katanya.

Setelah sempat diwarnai rumor gandeng Anies, PDIP akhirnya mengusung nama Jeje Wiradinata dan Ronal Sunandar Supradja untuk maju di Pilgub Jabar 2024. Sedangkan di Jakarta, PDIP mengusung Pramono Anung-Rano Karno.

Nama Jeje-Ronal muncul di menit-menit akhir jelang penutupan pendaftaran pada Kamis (29/8) malam. Keduanya apalagi hanya datang secara daring lewat sambungan telefon video di KPUD Jawa Barat.

Hasto mengakui pasangan Jeje-Ronal merupakan opsi kedua. Dia mengungkapkan awalnya PDIP mempunyai opsi memasangkan Jeje dengan Ono Surono, nan sekarang merupakan Ketua DPD PDIP Jawa Barat dan personil DPR dari fraksi PDIP.

Namun, Ono telah dipersiapkan menjadi ketua di DPRD Jawa Barat sekaligus menjadi tim pemenangan Jeje-Ronal.

"Ya sebenarnya sejak sore tadi, ada muncul opsi antara Pak Ono Surono dengan Pak Jeje. Nah kemudian baru pada putaran akhir setelah memandang komposisi dari tiga pasangan calon nan lain," kata Hasto.

(thr/gil)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional