Hasto PDIP Buka Kans Anies Tak Perlu Jadi Kader Jika Diusung di Pilgub

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 23 Agu 2024 08:40 WIB

Hasto mengatakan selama calon nan diusung punya keberpihakan pada wong cilik dan kedaulatan masyarakat, maka dianggap punya kesadaran sebagai personil PDIP. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto buka bunyi soal syarat jadi kader saat diusung di Pilkada. (CNN Indonesia/Loamy)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto tak lugas menjawab soal syarat kepada Anies Baswedan untuk menjadi kader jika diusung di Pilgub DKI Jakarta 2024.

Hasto mengatakan bahwa identitas kader partainya bisa juga dilihat dari komitmen pada sejumlah hal. Terutama komitmen keberpihakan pada wong cilik dan kedaulatan masyarakat.

"Selama hal-hal tersebut (keberpihakan wong cilik dan kedaulatan masyarakat) juga disuarakan, maka itu sudah menjadi bagian dari kesadaran sebagai personil PDI Perjuangan," kata Hasto di instansi DPP PDIP, Kamis (22/8). Hasto menjawab perihal ini mengenai pertanyaan apakah Anies harus jadi kader alias tidak jika bakal diusung di Pilgub Jakarta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hasto mengakui pihaknya telah berkomunikasi dengan Anies Baswedan soal kans untuk diusung di Pilgub DKI Jakarta 2024. Komunikasi sudah dilakukan oleh Ketua DPP Partainya, Ahmad Basarah alias biasa disapa Baskara.

"Ada [komunikasi] apalagi Pak Baskara juga sudah berjumpa dengan Pak Anies Baswedan," kata dia.

Hasto menekankan bahwa partainya bakal menekankan pada komitmen ideologi, keberpihakan pada rakyat, dan platform partai. Termasuk di dalamnya visi misi, terutama tentang tata ruang dan lingkungan.

"Ya selama tadi komitmen terhadap ideologi, keberpihakan pada wong cilik, platform partai, itu dipegang dan bersedia untuk juga memenuhi komitmen termasuk gimana partai menyiapkan visi misi, khususnya tentang politik tata ruang, kemudian gimana pelestarian lingkungan. Sungai-sungai tata ruang di jakarta diatur dengan baik, tentu terbuka," katanya.

Anies menjadi calon kuat sebagai sosok nan bakal diusung PDIP di Pilkada 2024. Terutama setelah DPR menyerah untuk mengesahkan RUU Pilkada sebagai tindak lanjut dari putusan MK nan menarik syarat 20 persen bangku DPRD untuk mengusung calon.

Sejauh ini Anies telah mengantongi support dari Partai Buruh meski partai tersebut tak punya bangku di DPR.

(thr/sur)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional