Heru Budi: Mungkin Saja Keppres IKN Terbit Setelah Upacara HUT RI

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 30 Jul 2024 10:55 WIB

Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono memastikan upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 RI di IKN tetap melangkah sesuai rencana. Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono memastikan upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 RI di IKN tetap melangkah sesuai rencana. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan kemungkinan surat Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan Timur terbit setelah upacara peringatan HUT ke-79 RI pada 17 Agustus mendatang.

Heru belum bisa memastikan kapan Keppres tersebut diterbitkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ya mungkin saja," kata Heru saat ditanya kemungkinan Keppres IKN terbit setelah Upacara HUT RI di Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (30/7).

Meski Keppres IKN belum terbit, Heru memastikan upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 RI di IKN tetap berjalan. Menurutnya, pemerintah saat ini tengah merapikan segala sesuatunya.

"Saya konsentrasi mengurusi konsentrasi untuk suksesnya penyelenggaraan 17-an di IKN. Dua ya di IKN dan Jakarta," ujarnya.

Status Jakarta sebagai ibu kota baru bisa tergantikan oleh Nusantara di Kalimantan Timur andaikan Keputusan Presiden tentang UU IKN terbit.

Saat ini Presiden Jokowi telah berkantor di IKN. Rencananya, Jokowi berkantor hingga esok. Namun belum diketahui kapan Keppres IKN diterbitkan.

Presiden Jokowi juga belum bisa memastikan kapan Keppres pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Nusantara diterbitkan.

Orang nomor satu di Indonesia itu hanya menyebut Keppres bisa saja diterbitkan sebelum HUT Indonesia ke-79.

Akan tetapi, Jokowi tak menutup kemungkinan beleid itu baru terbit setelah presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto dilantik pada Oktober mendatang.

(lna/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional