Heru Budi Pastikan Paskibraka Tetap Pakai Jilbab Saat Upacara di IKN

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 14 Agu 2024 20:04 WIB

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menegaskan Paskibraka putri tetap mengenakan jilbab saat upacara peringatan HUT ke-79 RI di IKN. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menegaskan Paskibraka putri tetap mengenakan jilbab saat upacara peringatan HUT ke-79 RI di IKN. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menegaskan Paskibraka putri nan berakidah Islam tetap mengenakan jilbab saat upacara peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024.

"Kami baik di tingkat pusat nan bakal besok tanggal 17 Agustus melakukan pengibaran bendera tetap menggunakan sebagaimana adik-adik kita mendaftar menggunakan jilbab," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (14/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Heru mengatakan beberapa personil Paskibraka putri terlihat mengenakan jilbab hitam saat gladi bersih di IKN Nusantara Rabu pagi tadi.

"Kalau saat pengukuhan saya enggak tahu, tapi perintah kami adalah meminta kepada seluruh adik-adik putri nan memang menggunakan jilbab untuk tetap gunakan itu," kata Heru.

Ia menyebut Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tidak melaporkan mengenai perintah Paskibraka putri melepas jilbab kepada pihaknya. Namun kini, kata dia, BPIP telah berkoordinasi dengan Sekretariat Presiden Joko Widodo.

"Hasilnya adik-adik putri kudu sebagaimana mereka mendaftar menggunakan jilbab ya tetap gunakan," ujar Heru.

Sebelumnya ramai menjadi polemik soal dugaan pasukan Paskibraka 2024 putri berakidah Islam kudu mencopot jilbab ketika dikukuhkan pada Selasa (14/8).

Hal ini diketahui dari sejumlah foto nan beredar di media sosial, tak ada Paskibraka putri 2024 nan berjilbab dalam momen pengukuhan tersebut. Padahal di foto-foto lainnya terdapat personil Paskibraka putri nan mengenakan jilbab dalam kesehariannya.

Sementara itu, dalam konvensi pers, Kepala BPIP Yudian Wahyudi menyatakan penampilan personil Paskibraka nan tidak mengenakan jilbab saat pengukuhan dan bekerja adalah kesukarelaan masing-masing mengikuti peraturan nan ada.

Itu pun, katanya, sudah disepakati dalam surat pernyataan kesediaan nan bermeterai Rp10 ribu.

"BPIP menegaskan tidak melakukan pemaksaan lepas jilbab, penampilan paskibraka dengan mengenakan busana atribut dan sikap tampang, sebagaimana terlihat dalam penyelenggaraan tugas kenegaraan, ialah pengukuhan paskibraka, adalah kesukarelaan mereka dalam rangka mematuhi peraturan nan ada," kata Yudian dalam konvensi pers,Rabu (14/8) sore.

Ia menjelaskan penampilan personil paskibraka nan lepas jilbab hanya dilakukan saat pengukuhan paskibraka dan pengibaran bendera merah putih pada upacara kenegaraan.

(lna/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional