HUT RI ke-79, Garuda Indonesia Hadirkan Penerbangan Tematik untuk Rute Jakarta-Balikpapan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menghadirkan penerbangan tematik unik berjudul Special Flight Peringatan HUT ke-79 RI pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Penerbangan unik ini dioperasikan melalui sedikitnya 10 rute penerbangan domestik dari dan menuju Balikpapan, dengan kapabilitas bangku nan disediakan sebanyak 2.048 kursi. 

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengungkapkan, penerbangan tematik unik ini menjadi bagian dari rangkaian Peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 RI nan dihadirkan Garuda Indonesia melalui beragam ragam nilai tambah alias added value bagi penumpang Garuda. 

Nilai tambah tersebut salah satunya turut dihadirkan melalui promo potongan nilai unik hingga Rp 790 ribu untuk pembelian tiket penerbangan Garuda Indonesia rute domestik dan internasional pada periode pembelian tanggal 12 hingga 18 Agustus 2024, dengan periode perjalanan hingga Februari 2025 melalui transaksi mitra bank seperti BNI, BRI, Bank Mandiri, CIMB Niaga, Digibank, Bank Mega, Bank Permata, dan UOB.

"Berbagai ragam nilai tambah ini kiranya dapat memberikan warna tersendiri bagi Peringatan HUT ke-79 RI ini, nan kami percaya menjadi momentum teristimewa bagi seluruh masyarakat Indonesia. Merupakan sebuah keniscayaan bagi kami sebagai national flag carrier untuk ambil bagian dalam peringatan pesta kemerdekaan tersebut,” ungkap Irfan dalam keterangan resmi, dikutip Ahad, 18 Agustus 2024. 

Irfan menambahkan, dipilihnya rute dari dan menuju Balikpapan untuk penerbangan tematik ini merupakan bentuk support Garuda Indonesia terhadap momentum Peringatan Hari Kemerdekaan nan perdana dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara alias IKN.

Lebih lanjut, dalam mendukung seremoni ini, Garuda Indonesia turut mengoperasikan setidaknya 103 penerbangan, termasuk 45 penerbangan tambahan dengan total jumlah bangku penerbangan mencapai lebih dari 14 ribu pada rute Jakarta ke Balikpapan maupun rute sebaliknya. Rute nan dioperasikan mulai tanggal 10 hingga 20 Agustus 2024 ini ditujukan untuk memobilisasi para stakeholder nan bekerja dalam rangkaian aktivitas Upacara Kemerdekaan di IKN seperti Pemerintah RI, Otorita IKN, dan tamu kenegaraan lainnya.

"Inisiatif tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Otorita IKN nan telah kami laksanakan pada bulan Juli lalu,“ ujar Irfan. Ia berambisi support ini mencerminkan kontribusi Garuda Indonesia sebagai maskapai nasional nan melayani kepentingan kenegaraan, termasuk melalui Peringatan HUT Kemerdekaan RI nan menjadi fase monumental tahapan perpindahan Ibu Kota Negara ke IKN. 

Iklan

Added value dari penerbangan tematik ini, Irfan mengungkapkan, juga dihadirkan melalui sajian jenis inflight meals spesial Kemerdekaan berupa menu Garuda Rasa dengan pilihan unik kuliner Nusantara. Beberapa pilihan menu nan ditawarkan meliputi nasi kuning unik Manado, red & white yoghurt, red velvet tartlet dengan vanilla custard, serta pilihan sajian minuman dari Oatside dan teh pilihan dari TWG bagi penumpang kelas bisnis. Sementara untuk penumpang kelas ekonomi, Garuda menyajikan menu nasi kuning unik Manado dan makanan penutup spesial dari Dough Lab. 

Khusus penerbangan dari Balikpapan, terdapat 12 hidangan unik Kalimantan nan disajikan di kelas upaya dan ekonomi dengan tambahan menu Indonesian Archipelago Fresh Juice, seperti saribuah kedondong, tamarind, serta hidangan lainnya.

Selain itu, pada penerbangan tematik tersebut tersedia juga pemberian pilihan suvenir berupa kartu pos augmented reality dengan tema kemerdekaan, tatakan sumpit berdesain pesawat dari Sango Ceramic, serta amenity kit eksklusif dari Botanical Essentials.

Dalam penerbangan unik ini, penampilan awak kabin nan datang juga berbeda, mulai dari model tatanan rambut dan aksesoris rambut, penggunaan selendang, hingga aksesoris lainnya.

Pilihan Editor: IKN Menjelang HUT RI, Kesiapan Sistem Transportasi hingga Uji Kereta Otonom

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis