IAPI dan Telkom University Dukung Akuntan Publik Berwawasan Pelaporan Berkelanjutan

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) mengadakan CPA Days 2024, sebuah aktivitas nasional nan bermaksud untuk menghasilkan akuntan publik berbobot di seluruh Indonesia. Acara ini mengusung tema "Youth Leadership for Sustainability in Auditing and Accounting" dan berjalan di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University, Bandung, pada 24-25 September 2024.

Ketua Umum IAPI, Hendang Tanusdjaja menyampaikan pentingnya peran generasi muda nan berkecimpung di bagian akuntansi dan audit untuk membentuk masa depan pekerjaan tersebut. Karena itu, dia berambisi mahasiswa dapat mempunyai wawasan nan luas mengenai pentingnya pelaporan keberlanjutan.

“Sebagai penerus pekerjaan akuntan dan akuntan publik, generasi muda diharapkan dapat mempunyai wawasan lebih tentang pentingnya pelaporan keberlanjutan dan gimana pekerjaan akuntan dan akuntan publik dapat berkontribusi dalam mendukung keberlanjutan global,” ujarnya dalam keterangan tertulis nan diterima Tempo pada Selasa, 24 September 2024. 

Saat ini, Sustainability reporting telah menjadi rumor krusial di Indonesia. Itu terjadi seiring dengan meningkatnya tuntutan terhadap perusahaan untuk memberikan info nan transparan mengenai akibat sosial, lingkungan, dan tata kelola perusahaan. 

"Dari perspektif akuntansi dan audit, sustainability reporting memerlukan skill unik untuk memastikan info nan disajikan dapat diandalkan dan sesuai dengan standar nan berlaku," lanjut Hendang.

Menurutnya, akuntan publik tidak hanya melakukan verifikasi laporan keuangan, tetapi juga berkedudukan dalam menilai dan memberikan jasa asuransi terhadap kepantasan dan transparansi laporan keberlanjutan. Pada aktivitas CPA Days 2024 ini, Hendang berambisi dapat memperkuat kapabilitas mahasiswa dalam kompetensi akademis dan non akademis.

"Mendorong mereka untuk menjadi akuntan dan auditor nan tidak hanya unggul dalam skill teknis, tetapi juga mempunyai kesadaran tinggi bakal pentingnya keberlanjutan dalam praktik profesional," tuturnya

Iklan

Adapun aktivitas tersebut membawa tagline ‘Be a Trusted, Sustainable, and Professional Young Leader’ nan merupakan visi dari IAPI untuk membentuk akuntan publik kompeten dan juga mempunyai komitmen kuat terhadap keberlanjutan.

Selanjutnya, Dekan FEB Telkom University, Ratri Wahyuningtyas berujar telah mengundang beragam master di bagian akuntansi, audit dan keberlanjutan untuk pengetahuan dan pengalaman mahasiswa. Diskusi tersebut juga diharapkan dapat mendorong kerjasama antara akademisi, praktisi, dan regulator.

”Diskusi dan kerja sama ini diharapkan dapat mendorong kerjasama antara akademisi, praktisi, dan regulator dalam mewujudkan laporan keberlanjutan nan lebih transparan dan akuntabel," ujar Ratri.

Ketua Koordinator Bidang Riset dan Perguruan Tinggi-KOHK IAPI, Sandra Aulia, menjelaskan bahwa CPA Days 2024 adalah buah kerjasama antara IAPI dan Telkom University, nan sekarang telah memasuki tahun kelima pelaksanaannya. Sebelumnya, aktivitas tahunan ini telah sukses digelar di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Multimedia Nusantara, dan Universitas Trisakti.

Pilihan Editor: Terpopuler: 4 Proyek Prabowo jadi Bom Waktu, 4 Perusahaan Grup Bakrie Ditetapkan PKPU

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis