IKN: SDM Bidang Pertanahan hingga Pemindahan ASN Ditunda

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi berambisi proyek pembangunan nan dijalankan pada masa jabatannya dapat dilanjutkan oleh presiden berikutnya, Prabowo Subianto. Proyek tersebut mulai dari hilirasi industri, Ibu Kota Nusantara alias IKN, hingga ekonomi hijau.

“Dengan begitu bangsa ini tidak lenyap waktu, tidak lenyap sumber daya, tidak lenyap energinya hanya untuk berganti arah, hanya untuk berganti program setiap kepemimpinan,” kata Jokowi saat memberikan sambutan pada apel kader dan penutupan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Sabtu malam, 31 Agustus 2024, dikutip dari Antara.

1. SDM Bidang Pertanahan

Menteri Agraria dan Tata Ruang-Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN), Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY menyatakan kementeriannya sekarang juga mempersiapkan sumber daya manusia bagian pertanahan untuk dikirim ke IKN. 'Iya tentu (akan mengirimkan ASN ATR BPN) ke IKN, saat ini IKN kan memerlukan talenta dan ASN terbaik bagian pertanahan," kata AHY di sela menghadiri Fun Run Kapti-Agraria di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta, Minggu, 1 September 2024.

2. Kantor Pertanahan

AHY menjelaskan, Kementerian ATR-BPN telah mempunyai instansi wilayah dan instansi pertanahan nan bakal mengurus beragam macam urusan menyangkut legalitas pertanahan.

"Namun perihal lain nan juga perlu juga disiapkan pegawai-pegawai nan menyokong pembangunan IKN," kata AHY nan tak memerinci berapa jumlah ASN nan bakal dikirim ke IKN,  Minggu, 1 September 2024. AHY menambahkan, sekolah-sekolah pertanahan negara setiap tahunnya mencetak ribuan lulusan tenaga terampil bagian pertanahan.

3. Bandara

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan IKN Danis Sumadilga mengatakan, pembangunan runaway alias landasan pacu airport IKN sudah mencapai 1.375 meter. Ia optimistis sasaran 2.200 meter bakal tercapai pada pekan pertama September 2024. Landasan pacu ini bakal dibangun 3.300 meter dan ditargetkan selesai akhir tahun.

“Kalau tidak hujan, 2 September kelar. Kalau hujannya ada banyak, 14 September perkiraan (selesai diaspal),” kata Danis di Kementerian PUPR, Jumat, 30 Agustus 2024.

Iklan

4. Fasilitas ASN

Danis Sumadilaga menanggapi pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas. Mengenai penundaan pemindahan ASN. Danis menjelaskan maksud kesiapan ekosistem tersebut persiapan akomodasi dasar untuk ASN di IKN, seperti instansi dan hunian.

“Yang paling basic, instansi (ASN) sudah siap,” kata Danis di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jumat, 30 Agustus 2024.

Adapun akomodasi nan disiapkan untuk ASN di IKN kata Danis, ialah instansi , hunian, swalayan, pendidikan, hingga akomodasi cuci. “Yang basic-basic sudah siap, listrik sudah siap. Bener loh, saya udah ninggalin baju di apartemen,” ucapnya.  

5. Perencanaan Lemah

Adanya penundaan pemindahan ASN ke IKN dikomentari pengamat kebijakan publik UPN Veteran, Achmad Nur Hidayat. Menurut dia, pemindahan ASN ke IKN mengindikasikan adanya masalah nan lebih kompleks dari sekadar kesiapan ekosistem dan resistensi dari ASN. “Penundaan ini menunjukkan adanya kelemahan dalam perencanaan, koordinasi, serta pengelolaan proyek IKN secara keseluruhan,” kata Achmad, Jumat, 30 Agustus 2024.

RIRI RAHAYU | MHD RIO ALPIN PULUNGAN | PRIBADI WICAKSONO | ANTARA

Pilihan Editor: Jokowi Harap Prabowo Lanjutkan IKN: Agar Tak Habis Sumber Energinya untuk Ganti Arah di Setiap Kepemimpinan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis