INFO BISNIS - Anak upaya PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), PT Infomedia Nusantara (Infomedia) sukses mencatat pertumbuhan untung bersih sebesar 217 persen alias tumbuh 30 persen sepanjang tahun 2023. Selain itu, pendapatan perusahaan tercapai sebesar 122 persen dan EBITDA tercapai 109 persen dari sasaran perusahaan di tahun 2023. Pencapaian ini didorong oleh pertumbuhan upaya melalui digital customer relationship management serta digital shared service operation nan semakin baik.
“Kinerja Infomedia sepanjang tahun 2023 secara aktif merespons kebutuhan pasar melalui penerapan strategi dalam menciptakan produk dan teknologi nan inovatif untuk menambah nilai bagi pelanggan. Salah satunya dengan meningkatkan kapabilitas Automation, AI, dan Analytics (3A) untuk membangun portofolio digital Business Process Outsourcing (BPO) nan semakin mumpuni di pasar,” ungkap Direktur Utama Infomedia, Eddy Sofryano, pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024 Infomedia, Rabu, 29 Mei 2024 lalu.
Dengan penguatan kapabilitas digital melalui teknologi 3A, Infomedia memastikan peningkatan kualitas customer experience dalam operasional perusahaan. Operasional perusahaan mencatatkan pertumbuhan hubungan nan signifikan pada saluran digital, dengan peningkatan hubungan digital Customer Relationship Management (CRM) sebesar 28 persen dan transaksi digital Shared Service Operation (SSO) tumbuh 18 persen dari tahun sebelumnya.
Pengelolaan proses upaya dengan penerapan teknologi 3A membuka kesempatan bagi Infomedia untuk terus mengakselerasi bisnis. Prediksi market size industri BPO nan mencapai 21 triliun pada tahun 2026 memberikan optimisme bagi Infomedia untuk terus melaju di sektor CRM dan SSO dengan memanfaatkan beragam penemuan nan dikembangkan. Dalam portofolio CRM, penguatan kapabilitas 3A terimplementasi dalam pengelolaan saluran pengguna melalui AI Contact Center hingga pengelolaan dokumen. Sedangkan pada portofolio SSO, penggunaan 3A telah terimplementasi dalam otomatisasi pengelolaan proses upaya pada kegunaan keuangan, seperti pengelolaan invoice to pay, pengelolaan arsip billing and collection, serta pada kegunaan rekrutmen dan pengelolaan SDM perusahaan.
Meski tetap dalam tahap awal implementasi, percepatan proses dan keakuratan nan meningkat menjadi faedah nan dirasakan pelanggan. Dalam proses CRM, adanya AI Contact Center bisa memberikan respons nan lebih sigap pada perusahaan pelayanan publik dengan tingkat hubungan nan sangat tinggi. Jumlah hubungan nan dikelola pemasok dapat dibatasi hanya pada hubungan nan memerlukan eskalasi khusus, di mana hubungan spam dapat dikurangi hingga 100 persen, dan hubungan standar dengan pertanyaan terstruktur dapat direspon robot dengan cepat, sehingga produktivitas pemasok pun meningkat seiring dengan kualitas hubungan nan semakin baik.
Iklan
“Melalui jumlah SDM nan sama, jumlah trafik nan dikelola Infomedia dapat meningkat hingga 30 persen dan produktivitas agent meningkat hingga 20 persen,” kata Eddy.
Teknologi 3A dan pertumbuhan upaya berwawasan lingkungan menjadi bagian krusial dari strategi Infomedia. Untuk mendukung optimasi proses bisnis, penggunaan teknologi 3A bisa menekan tingkat penggunaan kertas dan mobilisasi transportasi secara optimal melalui pengelolaan proses upaya digital nan semakin komplit dan menyeluruh. Salah satu penemuan tersebut adalah penggunaan teknologi Optical Character Recognition (OCR) berbasis AI pada proses upaya perusahaan melalui solusi Doc.AI.
Doc.AI didesain sebagai solusi pemrosesan arsip pandai nan bisa mengotomatisasi proses ekstraksi data, klasifikasi, serta melakukan verifikasi autentifikasi arsip dan mendapatkan wawasan lebih dalam dari info informasi baik nan terstruktur maupun tidak terstruktur. Doc.AI menjadi salah satu solusi unggul dari Infomedia nan dapat diterapkan di beragam sektor industri. Kemampuan Doc.AI dalam melakukan pemrosesan arsip secara pandai telah terimplementasi dalam pengelolaan proses rekrutmen massal nan dilakukan Infomedia untuk perusahaan milik negara. Dalam serangkaian proses rekrutmen nan melibatkan jutaan pelamar tersebut, proses melamar kerja melalui platform rekrutmen bakal melalui proses screening arsip nan dioptimalisasi dengan penerapan Doc.AI.
“Kita bakal semakin garang dalam menyelaraskan kebutuhan jasa nan diperlukan industri dengan beragam penemuan nan dikembangkan, sekaligus juga berperan-serta aktif dalam menjaga kelestarian dan keselarasan lingkungan. Pada praktik rekrutmen massal, Infomedia memproyeksikan akibat terhadap lingkungan dengan perkiraan setara dengan pelestarian 4.991 pohon sebagai akibat paperless dari 2,1 juta pelamar serta pengurangan emisi sebesar 3.195 ton untuk penghematan perangkat transportasi,” ujar Eddy.(*)