Investor Cina Tanam Modal Rp 500 Miliar di IKN untuk Bangun Hotel hingga Perkantoran

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta -Presiden Joko Widodo alias Jokowi kembali melakukan peletakan batu pertama alias groundbreaking sejumlah proyek investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Dalam aktivitas groundbreaking pagi ini, Rabu, 25 September 2024, Presiden Jokowi meresmikan pembangunan area mixed use di atas lahan seluas 24.200 meter persegi. Kucuran biaya investasi untuk pembangunan ini berasal dari penanammodal asing, ialah Delonix Bravo Investment dari Cina. 

Anggaran nan digelontorkan Delonix untuk membangun IKN mencapai Rp 500 miliar. Investasi berbobot separuh triliun itu bakal digunakan untuk membangun beragam akomodasi mulai dari hotel, apartemen, pusat perbelanjaan, akomodasi olahraga dan kebugaran, area terbuka hijau, hingga perkantoran. Kawasan itu pun nantinya bakal diberi nama Delonix Nusantara.

Delonix Bravo Investment disebut Jokowi sebagai perintis investasi asing di ibu kota baru. Dia pun berambisi agar kehadiran Delonix di IKN bisa membikin penanammodal asing lainnya segera masuk ke IKN.

“Delonix Group masuk sebagai perusahaan asing perintis nan berinvestasi di IKN dan ini bakal memberikan akibat kepercayaan pada penanammodal lain untuk segera masuk ke Ibu Kota Nusantara,” ucap Jokowi saat groundbreaking Delonix Nusantara di IKN, Rabu, 25 September 2024, dipantau dari Sekretariat Presiden.

Investasi dari Rusia, Australia, dan Lokal

Selain groundbreaking proyek investasi dari perusahaan Cina, Jokowi juga melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan resort mewah, Magnum Resort Nusantara. Modal pembangunan ini juga ditanamkan oleh penanammodal asal Rusia, Magnum Estate, sebesar Rp 300 miliar. Resort mewah tersebut direncanakan bakal dibangun di atas lahan seluas 1,3 hektare.

Sementara untuk sektor pendidikan, Jokowi telah mengesahkan pembangunan Australian Independent School (AIS) di IKN pada pagi ini. Sekolah internasional dari jenjang pendidikan PAUD hingga SMA ini bakal dibangun di atas lahan seluas 7.900 meter persegi dan mempunyai kapabilitas untuk menampung 750 siswa. 

Iklan

Geliat investasi terus bersambung tidak hanya dari pengusaha asing. Jokowi juga telah meresmikan pembangunan dua perusahaan dalam negeri nan bakal berinvestasi di Nusantara. Dua perusahaan itu adalah Primahotel Manajemen Indonesia nan bakal membangun Hotel Bintang 3, dan PT Plataran Boga Rasa nan bakal membangun Venue.

Investasi Asing Beri Rasa Percaya Diri

Kehadiran penanammodal asing untuk pembangunan proyek di IKN Nusantara, disebut Jokowi memberikan kepercayaan diri bahwa ibu kota baru tersebut memang menarik untuk investasi. “Mulai berdatangan investasi dari mancanegara, nan memberikan kepercayaan, rasa confident kita bahwa Nusantara adalah letak nan sangat menarik bagi investasi,” kata Jokowi dalam groundbreaking Delonix Nusantara di IKN, dipantau dari Sekretariat Presiden.

Pada keterangan persnya, Jokowi menyebut bahwa sudah banyak Letter of Intent alias LoI dari penanammodal asing nan ditandatangani. Namun, tidak semua dapat langsung disetujui dan berinvestasi di IKN Nusantara lantaran melewati tahapan pemeriksaan terlebih dahulu. “Disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan nan ada di IKN agar terbangun sebuah ekosistem nan baik, sehingga Nusantara menjadi letak nan menarik,” ucap Jokowi.

Kepala Negara juga mengatakan bahwa groundbreaking ke-8 proyek IKN ini belum tentu nan terakhir menjelang habisnya masa jabatan. “Belum tentu. Bisa saja seminggu lagi ada nan mau (investasi di IKN),” ujar dia.

Daniel A. Fajri, Yudono Yanuar, dan Antara, berkontribusi dalam penulisan tulisan ini.

Pilihan EditorKubu Arsjad Rasjid Minta Pengadilan Batalkan Hasil Munaslub, Anindya Bakrie: Itu Forum Tertinggi Kadin

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis