Istana Siapkan Pesawat Komersial Buat Jokowi ke Solo Pasca Purnatugas

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 08 Okt 2024 17:06 WIB

Tak lagi naik pesawat kepresidenan alias jalur darat, Istana mempersiapkan pesawat komersial untuk dinaiki Jokowi pulang ke Solo setelah jabatannya berakhir. Presiden Jokowi berbareng Mensesneg Pratikno saat berada di area IKN Nusantara, Kalimantan pada September lalu. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyebut Istana Kepresidenan sudah menyiapkan tiket pesawat komersial untuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pulang ke Solo atau Surakarta, Jawa Tengah pascajabatannya berakhir usai 20 Oktober nanti.

Pernyataan itu dia sampaikan merespons Jokowi nan menyebut bakal langsung terbang ke Solo pada Minggu (20/10) sore pasca pelantikan Presiden Terpilih dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Nanti kita atur, jadi pokoknya komersil juga sudah siap, anytime," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/10).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun Pratikno juga tidak menjelaskan perincian dan tidak lugas menjawab kepastian Jokowi pulang menggunakan pesawat komersial itu.

Pratikno juga menyampaikan kendati Jokowi sudah tidak lagi menjadi Presiden, namun secara patokan dia tetap mendapat pengawalan dari Paspampres.

"Sebagai mantan presiden kan tetap berkuasa untuk memperoleh support pengamanan, ya Paspampres dan sebagainya, dan ada grup tersendiri untuk mantan presiden," imbuh laki-laki nan mendampingi Jokowi sebagai Mensesneg dalam dua periode kepresidenan ini.

Pada kesempatan itu, Pratikno juga memastikan Presiden Jokowi bakal menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran di Senayan, Minggu (20/10) mendatang.

Pratikno menyebut secara patokan tidak ada nan mengatur tentang kehadiran Presiden Jokowi pada pelantikan tersebut. Namun, dia menjelaskan bahwa menjadi tradisi Presiden sebelumnya datang pada saat pelantikan Presiden terpilih

"Insyaallah datang. Jadi Pak Presiden memang sejak awal sudah mengatakan bakal datang di Pelantikan. So pasti lah Pak Presiden datang kelak di pelantikan 20 Oktober," jelasnya.

Setelah aktivitas pelantikan, Pratikno menyebut bakal ada ada aktivitas pisah sambut di Istana Merdeka. Menurutnya aktivitas tersebut juga merupakan tradisi saat pergantian pemimpin negara.

(khr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional